Lutung Kasarung, Cinta Putri Raja yang Buruk Rupa dengan Seekor Lutung yang Dipercaya sebagai Kisah Nyata

Lutung Kasarung, Cinta Putri Raja yang Buruk Rupa dengan Seekor Lutung yang Dipercaya sebagai Kisah Nyata

Kisah Lutung Kasarung merupakan legenda cerita tentang bagian dari sejarah Kerajaan Galuh, yang dipercaya sebagai kisah nyata.--

RADAR TEGAL - Kisah Lutung Kasarung dii Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bukan hanya sekadar legenda. Tetapi dipercaya masyarakat Sunda, sebagai bagian dari perjalanan sejarah Kerajaan Galuh.

Itulah sebabnya kisah legenda Lutung Kasarung menjadi cerita rakyat populer di Indonesia, utamanya di Jawa Barat. Konon tempat yang dipercaya sebagai lokasinya adalah di Desa Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. 

Menurut Ketua Padepokan Cupumanik Ciamis, Oos Koswara kisah Lutung Kasarung memang benar berasal dari Gunung Cupu. Asumsi itu bukan sekadar omong kosong tanpa bukti dan fakta, yang bisa didapati di desa tersebut.

Di antaranya adalah dengan ditemukannya beberapa bukti, seperti tumpukan batu yang disebut Gunung Cupu. Tumpukan bebatuan besar itu dipercaya sebagai lokasi kisah Lutung Kasarung, dan tempat disimpannya benda pusaka peninggalan Raja Galuh.

Dari berbagai keterangan warga sekitar, Gunung Cupu dulu merupakan hutan belantara. Tempat tersebut konon dipercaya sebagai lokasi untuk melatih para calon raja, sebelum menduduki tahta dan memerintah rakyatnya.

"Dulu tempat ini merupakan hutan. Ki Ajar Sukaresi yang tidak lagi bertahta di Kerjaan Galuh memilih pergi ke wilayah Gunung Sawal. Pusakanya dikubur di sini dalam wadah kotak yang disebut Cupu. Dikubur oleh Ciung Wanara kemudian dititipkan ke Purbasari untuk dijaga," kata Oos sebagaimana dikutip dari detikJabar.

Cerita rakyat yang diyakini nyata

Oos mengungkapkan cerita kisah Lutung Kasarung di Desa Gunung Cupu tidak jauh berbeda dengan versi yang beredar selama ini. Yakni saat seorang putri bernama Purbasari diasingkan ke hutan, usai dicelakai kakaknya, Purbararang.

Kedua kakak beradik itu saling berselisih karena perebutan tahta. Selama pengasingannya di hutan, Purbasari lalu bertemu dengan seekor Lutung Kasarung (Guruminda).

Karena dicelakai oleh kakak kandungnya, Purbararang, Purbasari pun berkulit wajah buruk rupa. Kemudian Lutung Kasarung menyuruh Purbasari mandi di sebuah mata air.

Ternyata ajaib, setelah mandi di sumber air tersebut, kulit dan wajah Purbasari berubah kembali menjadi sangat cantik mirip ibu Guruminda yang dicintainya. "Versi ceritanya sama, Lutung Kasarung bertemu dengan Purbasari lalu jadi raja."

Awal kisah Lutung Kasarung

Lutung Kasarung atau Guruminda merupakan seekor kera hitam yang kesasar, karena dikutuk usai bermimpi mencintai ibunya. Padahal cerita itu hanya penggambaran saja, karena Guruminda adalah sosok calon raja yang sedang dilatih dan diuji di hutan.

Sayangnya Guruminda tidak diceritakan dari mana asal usulnya, hanya diketahui dia disiapkan dan dididik untuk menjadi raja. Tak sedikit pula yang menyebut Guruminda masih sepupu Raja Galuh sebelumnya, yang berasal dari Kerajaan Kendan (sebelum Galuh).

Sumber: