3 Mitos Durga Ranini di Jawa, Bukti Pemberontakan Rakyat Jelata terhadap Keraton Majapahit

3 Mitos Durga Ranini di Jawa, Bukti Pemberontakan Rakyat Jelata terhadap Keraton Majapahit

Durga Ranini di Jawa atau Durga Bertaring Menggeser Eksistensi Durga Mahesasuramardini--

RADAR TEGAL - Sosok Durga Mahesasuramardini yang cantik di era pra-Singhasari hingga awal Majapahit kian meluntur pasca Perang Paregreg. Dekatnya Majapahit dengan gerbang kehancuran dibersamai dengan munculnya Durga Ranini di Jawa

Durga Ranini di Jawa seringkali dijumpai di candi-candi akhir Majapahit, seperti Candi Tegowangi, Candi Penataran, dan Candi Sukuh. Keberadaannya menggeser tahta Durga dari India seperti yang terpahat di Candi Jawi. 

BACA JUGA:5 Mitos Arca Durga di Candi Prambanan, Konon Bikin Jodoh Dekat, Siapakah Sosoknya?

Sebutan lain Durga Ranini di Jawa adalah Bathari Durga, sang ratu siluman di Setra Gendamayit, yang seringkali muncul dalam kisah ruwat. Ternyata, kehadirannya tak lepas dari pergolakan antar kelas sosial di masyarakat Jawa Kuno. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa mitos yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai 3 mitos Durga Ranini di Jawa.

BACA JUGA:3 Mitos Dewi Durga di Jawa, Dewi yang Menyatu dengan Kebengisan Darah

3 Mitos Durga Ranini di Jawa

1. Kutukan dari Bathara Guru

Konsep Durga Ranini atau Durga bertaring yang bengis telah diwarisi para pujangga Jawa zaman Pertengahan ketika mereka menyusun cerita pewayangan mengenai asal-usul Bathari Durga.

Suatu hari, Bathara Guru dan Dewi Uma sedang mengendarai lembu Andini di atas samudra. Karena pengaruh sandyakala atau masa sebelum malam, Bathara Guru menjadi bernafsu dan mengajak istrinya bersanggama.

Dewi Uma menolak dan terjadi aksi paksa dari raja dewa. Karena salah posisi, sperma Bathara Guru jatuh ke samudra, dan kemudian dikenal dengan Kemasalah, yang menjadi awal dari lahirnya Bathara Kala.

Dengan marah, Bathara Guru mengutuk istrinya menjadi Bathari Durga, dan mengusirnya dari kahyangan. Cerita ini pun berkembang menjadi beberapa varian tergantung daerah asalnya.

BACA JUGA:Demonologi Nusantara Lebih Seram dan Bahaya, Inilah 5 Fakta Hantu Jawa Kuno

2. Durga Ranini sebagai penolong kaum jelata dan non-tantra

Sumber: youtube asisi channel