Asap Kebakaran TPAS Penujah Kabupaten Tegal Masih Ada, Damkar dan BPBD Siaga

Asap Kebakaran TPAS Penujah Kabupaten Tegal Masih Ada, Damkar dan BPBD Siaga

MASKER - Petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal membagikan masker kepada warga yang tinggal di sekitar lokasi kebakaran TPAS Penujah.-HERMAS PURWADI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL- Insiden kebakaran TPAS Penujah Kabupaten Tegal yang kedua kalinya terus ditangani berbagai pihak. Termasuk untuk kepulan asap yang muncul dari kebakaran tersebut. 

Kepala UPTD TPAS Penujah Kabupaten Tegal Cholidin mengaku, hingga saat ini kepulan asap dari kebakaran TPAS Penujah masih ada. Namun, sudah dalam kapasitas kecil. 

"Tim Damkar dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) masih disiagakan di lokasi untuk meredam kepulan asap kecil tersebut," terangnya.

Selain meredam asap yang timbul dari kebakaran TPAS Penujah, langkah itu sekaligus meminimalisir munculnya titik api baru seiring dengan berhembusnya angin di lokasi.

BACA JUGA:1.500 Nelayan di Tegal Tak Bisa Melaut Akibat Kebakaran Kapal, Bantuan Mulai Mengalir

BACA JUGA:Pemilik Kapal Terbakar di Pelabuhan Tegal Diperbolehkan Mengambil Sisa Kebakaran, Petugas Gabungan Stanby

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) juga turut bertindak meredam kepulan asap sisa insiden kebakaran TPAS Penujah. Dari hasil assesment yang sempat didapat dari BPBD, kepulan asap bisa diminimalisir agar tidak membawa dampak pada kesehatan warga sekitar TPAS Penujah.

Kepala DLH Kabupaten Tegal Muchtar Mawardi SKM MKes menyatakan, tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal secara periodik melakukan tinjauan lapangan untuk mengetahui kesehatan warga sekitar TPAS Penujah. Apakah mereka terimbas kebakaran TPAS Penujah atau tidak. 

"Dari hasil tinjauan lapangan dan pemeriksaan kesehatan warga yang berdomisili di dekat areal TPAS Penujah, sampai saat ini tidak ada warga yang terdampak langsung atas kepulan asap dari kebakaran TPAS Penujah. Hal ini mengingat sisa kepulan asap yang ada tergolong kecil dan masih bisa diatasi secara kontinyu," ujarnya, Senin 21 Agustus 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Rus Zaeni membenarkan hal tersebut. Pihaknya sempat menerjunkan tim kesehatan yang dipandegani Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Perorangan di pemukiman warga yang berdekatan dengan TPAS Penujah. 

BACA JUGA:Ancam Kesehatan Warga, Kebakaran Sampah di Kabupaten Tegal Dikeluhkan

BACA JUGA:Kebakaran Kapal di Tegal Hanguskan 63 Unit, Ketua DPRD Minta Jadi Pembelajaran Semua Pihak

"Dari laporan tim kesehatan yang kami terjunkan tidak didapati warga  yang terdampak kepulan asap di lahan TPAS Penujah. Hal ini wajar mengingat kepulan asap yang  ada di TPAS Penujah tergolong ringan sehingga tidak berdampak pada kesehatan warga sekitar," cetusnya.

Dari puluhan warga desa yang sempat diperiksa, tidak satupun yang terdeteksi mengalami infeksi saluran pernapasan dampak dari kepulan asap kebakaran TPAS Penujah. 

"Untuk langkah antisipasi kami  hanya membagikan masker kepada penduduk sekitar," ungkapnya. 

Pihaknya juga memberi apresiasi atas langkah taktis yang diambil untuk meredam kepulan asap pasca terjadinya insiden kedua kebakaran lahan TPAS Penujah sejak 9 Agustus 2023 lalu.***

Sumber: