Ancam Kesehatan Warga, Kebakaran Sampah di Kabupaten Tegal Dikeluhkan

Ancam Kesehatan Warga, Kebakaran Sampah di Kabupaten Tegal Dikeluhkan

Kebakaran sampah di TPS Desa Munjungagung Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Warga di Desa Munjungagung Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal mengeluhkan kebakaran sampah di TPS setempat yang sudah terjadi selama beberapa hari ini. Selain asap yang mengganggu pemandangan, kesehatan warga kini terancam akibat polusi yang ditimbulkan.

Apalagi jarak antara TPS dengan pemukiman warga cukup dekat. Hanya, berjarak sekitar 300 meter.

Ketua Paguyuban CMAA Mirwan mengatakan kebakaran sampah sudah terjadi lebih dari 3 hari. Namun, sampai dengan saat ini belum ada upaya penanganan dari pihak terkait.

"Ini sudah berlangsung lebih dari 3 hari, bahkan mungkin hampir seminggu. Tetapi belum ada upaya penanganan,"katanya.

Menurut Boim (sapaan akrab Mirwan), kebakaran menimbulkan dampak bagi masyarakat di sekitarnya. Selain asap yang bisa mengganggu pandangan, polusi yang ditimbulkan mengancam kesehatan warga desa.

"Kalau ini dibiarkan, warga bisa terkena gangguan kesehatan, seperti sesak nafas dan lainnya. Utamanya, mereka yang masih anak-anak dan balita,"tandasnya.

Boim berharap, dinas terkait dapat segera melakukan penanganan. Sebelum kebakaran sampah ini meluas dan menyebabkan dampak bagi warga.

"Kami berharap ini bisa segera ditangani, karena dampaknya cukup membahayakan bagi kesehatan warga,"pungkasnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Federal Hadi Mulyono. Menurutnya, agar tidak ada warga yang terdampak, maka kebakaran di TPS tersebut harus segera ditangani.

"Saat ini sudah banyak warga yang mengeluhkan dampak kebakaran tersebut. Jadi, agar tidak meluas dampaknya maka harus segera di tangan,"ujarnya. ***

Sumber: