Kriteria Penerima Bansos BLT BPNT,Berikut Cara Usul Pakai Fitur Usul Di Aplikasi Cek Bansos

Kriteria  Penerima Bansos BLT BPNT,Berikut Cara Usul Pakai Fitur Usul Di  Aplikasi Cek Bansos

Pengecekan dan pengusulan nama penerima Manfaat bansos-Instagram@tri_rismaharini_kemensos-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Bulan Agustus bansos BLT BPNT 2023 kembali  cair di periode  Juli-Agustus segera untuk melakukan pendaftaran. Sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM agar  bisa memperoleh bantuan, tetapi ada kriteria  penerima Manfaat Bansos BLT BPNT.

Bantuan.E-Warung Dihapus  Diganti

Sebelum pogram BLT BPNT seperti sekarang, dulu tahun 2016  dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera(KKS).KKS berfungsi mengambil bantuan pangan ke E-Warong( Elektronik  Warung Gotong Royong) terdekat.

Kini sejak tahun 2022 program  E-Warong dihapus  oleh Kementerian Sosial lantaran ada banyak penyimpangan-penyimpangan terjadi  di lapangan. Yakni menjual pangan harga lebih mahal dari ketentuan yang ditemukan di sabuah E-Warung  Solo,Jawa Tengah. 

Nominal  Uang BPNT

Bulan Maret BLT BPNT   resmi diganti dan disalurkan dalam bentuk tunai   Rp 200 ribu yang otomatis E-Warung tidak  lagi   dipakai. BPNT dalam bentuk tunai   diberikan setiap bulan bisa dibelanjakan bahan pangan seperti beras, telur dan lainnya..

BACA JUGA:BLT BPNT Rp400.000 Bisa Dicairkan Sekarang! Begini Cara Lapor Bagi yang Belum Kebagian

Selama12 bulan penerima  manfaat akan mendapatkan bantuan  Rp 200 ribu, jjka diiakumulasikan menjadi  Rp 2.400.000  setahun. Hal tersebut berbeda  BPTN  dengan tahun sebelumnya  yang berbentuk pangan kemudian pencairan BPNT  tunai terbagi 4 kali  yang sekali cair                                                                              

Kriteria Penerima Manfaat BLT BPNT

Setelah memahami tentang  BPNT lantas kriteria seperti apa tergolong penerima manfaat BLT BPNT. Penerima bansos  jenis ini harus memenuhi kriteria                          

  1. Warga  Negara  Indoonesia 
  2. Warga terdampak Covid-19 dibuktikan KTP, K
  3.  Terdaftar  sebagai Keluarga  Penerima Manfaat 
  4. Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera
  5. Terdaftar sebagai masyarakat pra sejahtera di Data  Terpadu Kesejahteraan Sosial
  6. Bukan anggota  TNI, Polri, dan ASN
  7. Terdaftar  dalam aplikasi cek  bansos

Gunakan Fitur Usul

Jika telah memenuhi kriteria atau persyaratan dan ketentuan tetapi  penerima manfaat belum menerima bensos  dari pemerintah. Ada baiknya  menyusulkan agar memperoleh bantuan baik BLT PKH atau BLT BPNT dengan menggunakan fitur usul di aplikasi cek bansos caranya sebagai berikut:

  1. Jika belum dowload  aplikasi cek bansos, maka download terlebih dahulu terus melakukan daftar
  2. Setelah sukses pendaftarran di aplikasi segera  login memakai username dan tidak lupa  password
  3. Pilih tombol Daftar  Usulan
  4. Tambah Usulan
  5. Isi formulir     sesuai data kependudukan calon penerima manfaat
  6. Pilih jenis bantuan PKH/BPNT
  7. Unggah  foto KTP dan rumah tampak depan pastikan  gambar jelas kemudian tambah usulan.

Sampai di  sini proses telah selesai tinggal menunggu konfirmasi  diterima atau tdak usulan tersebut layak atau tidak mendapatkan BLT. Karena nantinya dalam apllikasi ditampilkan siapa saja penerima  BLT di  sekitar wilayah tempat  tinggal.

Pengaduan  terkait bansos PKH maupun BPNT bisa dilakukan beberapa cara yakni  musyawarah desa atau kelurahan. Selain itu bisa juga  melaporkan  ke dinas sosial kabupaten atau melalui website lapor.go.id

Mekanisme Sistem dan Prosesur

Penerima manfaat PKH  dan BPNT akan memperoleh  bantuan  layak atau tidak yang biasanya melalui pendataan dilakukan oleh ketua RW atau RT.Bisa  pula data berasal laporan warga yang disampaikan ke RT/RW.

Sesudah mendapat laporan atau mendata warga yang layak kemudian kepala desa mengadakan musyawarah desa/kelurahan menentukan apakah layak atau tidak.Jika usulan disepakati nanti akan disampaikan kepada Bupati melalui Dinas Sosial  Kabupaten.

Bila usulan memang layak segera ditandatanganni oleh Bupati  berikutnya berkas ditindaklanjuti dan  disampaikan kepada Menteri Sosial melalui aplikasi SIKS-NG.Menteri kemudian memeriksa kembali berkas-berkas telah masuk.

Berikutnya menteri menetapkan nama di DTKS dan selanjunya  akan didata kembali kerika akan melakukan pencairan.  Itulah tadi kriteria  penerima Manfaat Bansos BLT BPNT dan  cara usul  di fitur usul aplikasi Cek Bansos.*

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: