Salurkan 7.373 Ton Beras Bantuan Pangan, Bulog Pastikan Tepat Sasaran dan Layak Konsumsi

Salurkan 7.373 Ton Beras Bantuan Pangan, Bulog Pastikan Tepat Sasaran dan Layak Konsumsi

Bulog Cabang Tegal salurkan 7.373 Ton Beras bantuan pangan tahun 2024--

TEGAL, radartegal.id - Sampai saat ini, sekitar 7.373 Ton beras bantuan pangan (Bapang) telah disalurkan di seluruh wilayah eks karesidenan Pekalongan. Terkait itu, Badan Urusan Logistik (Bulog) memastikan penyalurannya tepat sasaran dan layak konsumsi.

Kepala Bulog Cabang Tegal Ana Marianova Selasa 21 Mei 2024 mengatakan untuk tahun ini, data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berasal dari Kemenko PMK. Data tersebut kemudian diverifikasi dan divalidasi hingga tingkat Kelurahan.

"Setelah menerima data tersebut, kami berkoordinasi dengan dinas terkait dan transporter. Data kemudian diverifikasi dan divalidasi," katanya.

Menurut Ana, jika pada saat verifikasi dan validasi ada kondisi tertentu, misalnya penerima sudah meninggal atau pindah alamat, maka bisa dilakukan mekanisme penggantian. Hal itu, sudah ada dalam juknis.

BACA JUGA: 234.768 KPM di Brebes Mulai Terima Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram, Akan Dibagikan Selama 5 Bulan

"Penggatian dilakukan dengan tetap melalui proses verifikasi dan validasi. Kemudian juga disertakan dokumen SPTJM (Surat Pertanggungjawaban Mutlak)," ujarnya.

Menurut Ana, sejauh ini pihaknya sudah menyalurkan 7.373.490 Kilogram beras. Untuk seluruh wilayah Brebes dan Batang.

Kemudian, kata Ana, untuk proses pengiriman pihaknya bekerjasama dengan PT POS sebagai transporter. Jika nantinya ditemukan kemasan rusak atau beras tidak layak konsumsi, maka akan diinventarisir.

"Selanjutnya, dari pihak transporter akan melakukan koordinasi dengan kita untuk kemudian dilakukan penggantian," terangnya.

BACA JUGA: Bantuan Pangan Beras Bakal Disalurkan Hingga Juni 2024, Bulog Yakinkan Rasanya Pulen dan Enak  

Demikian informasi terkait penyaluran beras bantuan pangan (Bapang) di wilayah karesidenan Pekalongan. 

Sumber: