Terungkap Alasan Larangan Orang Jawa Menikah dengan Orang Sunda, Kang Emil: Itu Hanya Mitos

Terungkap Alasan Larangan Orang Jawa Menikah dengan Orang Sunda, Kang Emil: Itu Hanya Mitos

--

Pada saat itu, salah satu kerajaan yang belum dikuasai Majapahit adalah Kerajaan Sunda.

Di Bandung ada Jl. Majapahit, di Surabaya ada Jl. Pajajaran 
Niat buruk Gajah Mada berakibat pada pertempuran antara pasukan Kerajaan Sunda dan tentara Majapahit. Dalam Perang Bubat, hampir semua rombongan Kerajaan Sunda termasuk petinggi-petingginya tewas karena jumlah pasukan yang tak seimbang.

Peristiwa tersebut membuat Dyah Pitaloka melakukan bela pati atau bunuh diri untuk membela kehormatan bangsa dan negaranya. Sejak saat itu, terjadilah permusuhan di antara dua kerajaan besar tersebut dan menjadi sebuah peristiwa sejarah yang tak terlupakan.

Konon, inilah yang jadi alasan kenapa orang Jawa tidak boleh menikah dengan orang Sunda.Selama hampir bertahun-tahun, baik di Jawa atau tanah Sunda juga tidak ada nama jalan yang berkaitan dengan keduanya.

Namun, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa perempuan Sunda tidak boleh menikah dengan pria Jawa hanyalah mitos belaka.

“Itu hanya mitos yang diproduksi dalam menafsirkan peristiwa bersejarah Perang Bubat yang sudah jauh lewat dan memiliki multitafsir sejarah,” tulis dia dalam unggahannya di Instagram.

Bahkan, menurut dia, kini di Surabaya sudah terdapat nama Jalan Pajajaran dan Jalan Siliwangi, sedangkan di Bandung terdapat jalan Majapahit dan Jalan Hayam Wuruk.

Demikian mitos tentang larangan orang Jawa menikah dengan orang Sunda, yang sudah menjadi mitos turun menurun. Walaupun sekarang sudah banyak yang tak mempedulikannya, tetapi tidak sedikit juga yang masih memegang mitos tersebut.(*) 

Sumber: