Berada di Pusat Kota, Perpustakaan Daerah Brebes Ini Miliki Fasilitas Lengkap, Yuk Merapat

Berada di Pusat Kota, Perpustakaan Daerah Brebes Ini Miliki Fasilitas Lengkap, Yuk Merapat

Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Brebes di Jalan Raya Gor Nimor 2, Kelurahan Gandasuli, Kecamatan Brebes. (Istimewa) --

RADAR TEGAL - Ada pepatah, membaca merupakan jendela dunia. Ya, dengan membaca dapat menambah pengetahuan dan berbagai hal. Di Kabupaten Brebes, terdapat perpustakaan daerah yang nyaman bagi para pengunjungnya. Bahkan, letak perpustakaan daerah (Perpusda) itu berada di pusat pemerintahan setempat.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Brebes berada di Jalan Raya Gor Nimor 2, Kelurahan Gandasuli, Kecamatan Brebes. 

Selain memiliki tempat yang nyaman, Perpustaan Daerah Brebes juga asik buat nongkrong sambil mengerjakan tugas. Baik, tugas kampus ataupun tugas kuliah.

Kabid Perpustakaan Dinarpus Kabupaten Brebes Neli Silfiah mengatakan, semenjak menempati gedung baru minat pengunjung untuk membaca di perpustakaan meningkat. Terbukti, semenjak ada gedung baru minimal 200-an pengunjung setiap harinya.

Neli menjelaskan, berbagai fasilitas bisa dimanfaatkan oleh para pengujung. Diantaranya, pengunjung bisa pinjam buku selama 7 hari secara gratis. Bioskop mini, ruang diskusi, ruang referensi serta aula.

"Jika pengunjung tidak bisa datang ke perpustakaan, bisa memanfaatkan layanan perpustakaan online. Yaitu, lewat apliksi Epusda dan Ibrebebes yang bisa di download di Playstore," ujarnya, Senin, 7 Agustus 2023.

Selain fasilitas di atas, tempat parkir yang luas juga menambah kenyamanan bagi pengunjung yang mwmbawt kendaraan pribadi. Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraanya.

Untuk akses menuju perpustakaan daerah ini juga cukup mudah. Jika dari arah barat atau timur, pengjung bisa melewati Stadion Karangbirahi Brebes. Kemudian, ke arah timur. Tidak jauh dari pertigaan dekat stadion itu, gedung Perpustakaan Daerah Brebes akan terlihat.

Memang, lanjut Neli, ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya, terkait Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada saat ini masih sedikit.

"Untuk SDM Pustakawan saat ini ada enam orang. Dan jumlah itu masih sangat kurang. Jadi, kami berharap ke depan jumlah SDM akan ada penambahan," tukasnya.

Nah, itu tadi sedikt ulasan Perpustaaan Daerah Kabupaten Brebes yang ada di pusat kota. Selain memiliki banyak fasilitas, perpustakaan daerah ini juga bisa dijadikan tempat untuk nongkrong dalam mengerjakan tugas sekolah atau kampus. Semoga bermanfaat.***

Sumber: