Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Tak Mudah Rusak

Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet dan Tak Mudah Rusak

Tips Merawat Mobil Diesel--

RADAR TEGAL - Apakah Anda penggemar mobil bermesin diesel? Walaupun mobil diesel dianggap berisik dan tidak ramah lingkungan, namun ada nilai tersendiri yang menjadikan mobil ini lebih menarik di kalangan pecinta otomotif. 

Mesin bertenaga besar dan digadang-gadang mudah dirawat, rupanya mobil diesel juga dijadikan mobil pilihan orang untuk menjadi mobil idaman lho. Apalagi dengan teknologi mesin diesel yang semakin canggih mampu membuat mobil jenis ini makin laku di pasar.

Meskipun terbilang awet, mobil diesel juga tentunya membutuhkan perawatan secara berkala untuk memastikan umurnya panjang. Layaknya mobil bensin, perawatan atau servis juga dilakukan untuk memastikan performa yang prima. 

Berikut ini radartegal.disway.id akan membahikan tips merawat mobil diesel yang perlu Anda ketahui. Simak artikel hingga akhir agar tidak ketinggalan informasinya!

BACA JUGA: Cara Aman Mengendarai Mobil saat Hujan, Junjung Tinggi Keamanan Berkendara dan Jangan Panik

Tips Merawat Mobil Diesel agar Tetap Awet

Berikut tips dan trik merawat mobil diesel, yaitu:

1. Pilih Bahan Bakar yang Berkualitas

Banyak dari kita salah memilih bahan bakar untuk mobil yang digunakan karena tidak mengerti kualitas bahan bakar dengan mesin butuhkan. Padahal penting sekali untuk kita pahami bahwa bahan bakar salah satu hal yang paling mempengaruhi umur mesin mobil diesel. Pastikan pilih bahan bakar yang berkualitas dengan tidak memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Karena bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur yang tinggi akan merusak beberapa komponen seperti injektor.

2. Harus Rutin Mengganti Filter Bahan Bakar / Solar

Selain memilih bahan bakar yang berkualitas, tentu filter dari bahan bakar / solar harus rajin diganti dan dibersihkan agar tetap bisa menyaring kotoran serta kandungan air yang ada pada bahan bakar. Bila jarang diganti, maka kotoran akan menumpuk dan menyebabkan mobil bisa mogok akibat pembakaran yang tidak sempurna.

3. Pilihlah Oli dengan Benar dan Sesuai

Berikutnya, pastikan kamu memilih oli yang benar dan sesuai untuk mesin diesel. Mesin diesel butuh oli yang lebih kental karena memiliki temperatur yang lebih tinggi dari mobil bensin. Tanyakan pada mekanik atau saat membeli mobil mengenai jenis oli yang cocok untuk mesin mobil diesel agar tidak salah.

4. Harus Rutin Mengganti Filter Udara

Sumber: