Sejarah Kerak Telor: dari Makanan Bergengsi Jadi Kudapan Rakyat Biasa

Sejarah Kerak Telor: dari Makanan Bergengsi Jadi Kudapan Rakyat Biasa

Sejarah kerak telor-Resep Kue Renyah-

Proses pembuatan yang menyita waktu

Proses pembuatan kerak telor memang membutuhkan kesabaran. Bahan dasar beras ketan harus direndam selama satu malam agar melunak tanpa dimasak. Selain itu, kerak telor juga menggunakan dua macam telur, yaitu telur ayam dan telur bebek. 

Parutan kelapa sangrai yang diberi bumbu dan telah dihaluskan menjadi topping yang lezat, ditambah dengan isian berupa ebi atau udang kering yang diasinkan, disangrai, ditambah bawang goreng, cabe merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir, membuat cita rasa kerak telor semakin istimewa.

BACA JUGA:4 Makanan Jadul Khas Indonesia Ini Sudah Sulit Ditemukan, Kamu Pernah Coba yang Mana?

Menemukan kerak telor di Monumen Nasional

Untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang lengkap, wisatawan dapat mencari kerak telor di kawasan wisata Monumen Nasional atau Monas. Monas sendiri dibangun dengan tujuan mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan. 

Di sana, wisatawan tidak hanya dapat menikmati kerak telor yang lezat, tetapi juga dapat merasakan atmosfer bersejarah yang mempesona.

Dengan perpaduan cita rasa yang unik dan sejarah kerak telor yang panjang, membuat makanan satu ini tetap menjadi salah satu kuliner legendaris yang melekat dalam budaya Betawi.***

Sumber: national geographic indonesia