Sejarah Opor Ayam Khas Lebaran, Ternyata Bentuk Akulturasi Budaya Arab, India, dan Indonesia

Sejarah Opor Ayam Khas Lebaran, Ternyata Bentuk Akulturasi Budaya Arab, India, dan Indonesia

--

RADAR TEGAL - Opor ayam khas Lebaran merupakan masakan sejenis kari ayam yang bahan utamanya ayam rebus yang diberi bumbu santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Hidangan ini tak pernah terlewat saat momentum Lebaran tiba.

Opor ayam khas Lebaran ini sudah dikenal di seluruh wilayah Indonesia. Selain ayam sebagai bahan utama, opor menjadi lebih istimewa dengan bahan pelengkap lainnya, seperti telur rebus, kentang, ketupat, atau nasi hangat.

Buat kamu yang suka makan opor tetapi belum mengenalnya lebih dalam, ulasan mengenai opor ayam khas Lebaran, bentuk akulturasi budaya Arab, India, dan Indonesia cocok buat kamu!

Berikut ulasan tentang sejarah opor ayam khas Lebaran. Simak sampai akhir ya.

BACA JUGA: Emang Ngangenin, Ini 10 Makanan Khas Lebaran di Indonesia, Ada yang Sudah Jadi Icon

Sejarah opor ayam khas Lebaran

Zaman dulu, opor ayam khas Lebaran bahan utamanya berupa daging sapi ataupun daging bebek. Seiring perkembangan zaman, daging ayam pun diolah menjadi opor.

Menurut Fadly Rahman, seorang sejarawan kuliner, opor ayam masuk ke Indonesia ternyata dipengaruhi oleh akulturasi budaya Indonesia dengan budaya asing, yaitu berasal dari  budaya Arab dan India.

Budaya yang dimiliki bangsa Arab memiliki menu khas yang dikenal dengan gulai, sedangkan budaya bangsa India memiliki menu khas gulai dan kari. Opor ayam khas Lebaran ini masuk ke Indonesia saat zaman keislaman walisongo.

Agama Islam sendiri merupakan agama yang dikenal oleh orang bangsa Arab dan India pertama kali. Mereka singgah di kawasan pesisir, seperti Sumatera, Selat Malaka, hingga Jawa.

BACA JUGA: Jejak Sejarah Tahu Aci sebagai Makanan Khas Tegal, Konon Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan

Bukan hanya opor ayam khas Lebaran, ketupat juga diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga pada abad ke-15. Filosofi yaitu digabungkan dengan tradisi sungkeman di hadapan orang tua, itu merupakan implementasi dari makna mengaku salah atau dalam bahasa Jawa ngaku lepat dari kesalahan di masa lalu.

Setelah kamu mengetahui sejarah opor ayam khas Lebaran, pastinya kamu ingi mengetahui cara membuatnya bukan? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho!

Berikut macam-macam resep opor ayam khas Lebaran:

Sumber: