Mengapa Kepulauan Seribu Masuk DKI Jakarta Padahal Lebih Dekat ke Banten? Simak Penjelasannya di Sini

Mengapa Kepulauan Seribu Masuk DKI Jakarta Padahal Lebih Dekat ke Banten? Simak Penjelasannya di Sini

Mengapa Kepulauan Seribu Masuk Ke DKI Jakarta--

RADAR TEGAL - Mengapa Kepulauan Seribu masuk kedalam wilayah DKI Jakarta, padahal lebih dekat ke Banten. SImak sampai habis artikel ini untuk mendapatkan penjelasan logisnya.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah pulau dengan bentuk gugusan kepulauan yang berlokasi di DKI Jakarta serta menjadi Kabupaten administrasifnya.

Walaupun dinamakan seribu, namun nyatanya total dari keseluruhan pulaunya tidak mencapai angka seribu. Hanya total 110 pulau saja yang terdapat pada Kepulauan Seribu, dan 11 diantaranya berbenghuni.

Jika melihat letak dari lokasi Kepulauan Seribu, sebenarnya letak posisinya lebih dekat ke Provinsi Banten daripada DKI Jakarta.

Tetapi secara administratif, Kepulauan Seribu menjadi bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini bisa terjadi karena pada masa lampau, Kepulauan Seribu berada di bawah penguasaan wilayah Jakarta.

Sedangkan pada tahun 1611, Jayakarta dan Kepulauan Seribu di duduki dan dikuasai oleh VOC, yang pada akhirnya nama Jayakarta diubah menjadi Batavia.

BACA JUGA:Unik! Memiliki Lebih Dari 350 Pulau, Inilah 5 Kota dengan Wilayah Kepulauan di Indonesia

Kepulauan seribu saat itu digunakan oleh Belanda sebagai gudang atau tempat penyimpanan hasil rempah-rempah sebelum dikirim ke Belanda.

Fakta menariknya pada masa penjajahan Belanda Nama Kepulauan Seribu adalah Duizend Eilanden yang masih berada di bawah distrik Batavia.

Setelah mencapai kemerdekaan Indonesia, pada masa pra-federasi, Duizend Eilanden berada di bawah penguasaan wilayah gewest Batavia dan sekitarnya.

Pada masa Republik Indonesia Serikat (RIS), wilayah yang sekarang dikenal sebagai Distrik Federal Jakarta, berada di bawah pemerintahan Negara Pasundan. Ketika RIS berakhir, wilayah Kotapraja Jakarta menjadi bagian dari Republik Indonesia dan ditetapkan sebagai Ibukota negara ini. Seiring berjalannya waktu, wilayah Ibukota Republik Indonesia, Jakarta, juga mengalami perluasan dengan mencakup Kepulauan Seribu dan sekitarnya.

BACA JUGA:Dijuluki Sebagai Mutiara dari Timur Indonesia, Kepulauan ini Kaya akan Sumber Laut Melimpah

Sebelumnya, Kepulauan Seribu adalah bagian dari kecamatan di Kota Jakarta Utara. Pada tahun 2001, statusnya ditingkatkan menjadi Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Hal inilah yang menjadi faktor sejarah mengapa Kepulauan Seribu termasuk dalam wilayah DKI Jakarta, bukan Banten.

Sumber: kabarbuana.com