Unik! Memiliki Lebih Dari 350 Pulau, Inilah 5 Kota dengan Wilayah Kepulauan di Indonesia

Unik! Memiliki Lebih Dari 350 Pulau, Inilah 5 Kota dengan Wilayah Kepulauan di Indonesia

Kota dengan Wilayah Kepulauan di Indonesia--

Tegal, radartegal.disway.id - Bahas 5 Kota dengan wilayah kepulauan yang terdapat di Indonesia.

Jika umumnya kepulauan berada didalam sebuah negara, bagaimana dengan 5 kota ini yang memiliki wilayah kepulauan didalamnya?. 

Kebanyakan kota-kota yang ada di Indonesia tidak memiliki batas laut dan sebagiannya memiliki batas laut karena letak lokasinya berada di pesisir pantai, lalu bagaimana dengan kota-kota berikut ini yang sebagian besar wilayahnya merupakan kepulauan.

Sebenarnya hal ini bisa saja ada, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang wilayah satu dengan wilayah lainnya dipisahkan oleh air lautan serta memiliki batas wilayahnya masing-masing. Kota dengan wilayah kepulauan, mungkin terdengar asing di telinga masyarakat yang hidup di provinsi yang besar, ambil contoh Provinsi Jawa Tengah yang daerahnya diapit Laut Jawa dan Samudra Hindia, pastinya mereka asing dengan wilayah kepulauan yang berada di sebuah kota.

BACA JUGA:6 Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia, Salah Satunya Bertetangga

Nah tanpa berlama-lama lagi mari langsung saja kita bahas dibawah ini. Dilansir dari kanal YouTube Mahasiswa Geografi ada 5 kota dengan kawasan kepulauan didalamnya, Mari kita bahas.

5 Kota dengan Wilayah Kepulauan di Indonesia

Kota Sabang, Provinsi Aceh

Kota Sabang, dibentuk pada tahun 1965. Kota ini berada di seberang utara Pulau Sumatra. Kota Sabang terdiri dari 5 pulau, dengan pulau weh sebagai pulau terbesar dalam kota ini.

Fakta menarik dari kota ini, merupakan kota yang berada paling utara dan paling barat di Indonesia jika mengacu pada kota. Ini juga menjadi alasan kenapa Tugu 0 Km Indonesia dibangun di Sabang, Merauke. Tetapi jika acuannya berubah dari kota menjadi kabupaten, maka Kabupaten Aceh besarlah yang menjadi kabupaten kota paling barat di Indonesia.

Luas wilayah Kota Sabang mencapai 122 km2, dengan jumlah penduduk berkisar 43 ribu jiwa pada tahun 2022 yang menjadikan Kota Sabang sebagai kota dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia sekaligus kota paling utara dan paling barat di Indonesia.

Kota Batam, Provinsi Kep. Riau

Kota Batam dibentuk pada tahun 1983 dan menjadi kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah dari Kota Batam terdiri atas beberapa pulau yakni, Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang, Pulau Bulan, dan sejumlah pulau-pulau kecil lainnya. Keseluruhan pulau diperkirakan berumlah 371 pulau, yang hal ini membuat Kota Batam menjadi kota dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia.

Kota Batam memiliki luas wilayah sebesar 1.035 km2 dengan jumlah penduduk pada kota ini mencapai 1.21 Juta jiwa pada data statistik tahun 2022. Kota ini juga menjadi kota dengan letak yang sangat strategis, selain menjadi jalur pelayaran Internasional, Kota Batam juga berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Gelarnya yang menyandang Kota Terencana Kota Batam menjadi kota dengan pertumbuhan terpesat di indonesia.

Sumber: youtube: mahasiswa geografi