Misteri dan Mitos Pulau Onrust Kepulauan Seribu, Jadi Tempat Isolasi Penyakit Berbahaya hingga Tahanan

Misteri dan Mitos Pulau Onrust Kepulauan Seribu, Jadi Tempat Isolasi Penyakit Berbahaya hingga Tahanan

Misteri dan mitos Pulau Onrust di Kepulauan Seribu-Tangkapan layar YouTube/HM Adventure-

RADAR TEGAL – Pualu Onrust yang terletak di Kepulauan Seribu memiliki misteri dan mitos yang sudah menjadi kepercayaan masyarakat sejak lama. Tempat ini merupakan salah satu objek wisata yang memang populer dan menarik untuk didatangi.

Misteri dan mitos yang menyelimuti Pulau Onrust Kepulauan Seribu ini juga terbilang unik, apalagi berhubungan dengan jaman penjajahan Belanda dulu. Onrust sendiri berarti tidak pernah istirahat dalam bahasa Belanda.

Untuk selengkapnya, simak berikut informasi singkat tentang Pulau Onrust di Kepulauan Seribu beserta misteri dan mitos yang terkenal di pulau ini. Kisahnya konon erat dengan jaman kolonial Belanda saat itu.

Sejarah pulau

Sejarah tentang Pulau Onrust ini konon dulunya merupakan pusat bongkar muat untuk galangan kapal serta komoditas dagang VOC saat penjajahan Belanda.

Maka dari itu pulau ini disebut onrust yang berarti tidak pernah istirahat dalam bahasa Belanda. Namun, ada juga yang menyebutkan nama pulau ini berasal dari nama penghuninya kala itu.

BACA JUGA : Mitos Gunung Lawu Mirip Pantai Selatan, Jangan Nekat Pakai Baju Hijau!

Ia adalah Baas Onrust CVDW yang merupakan keturunan Belanda. Selain sering menjadi tempat didatangi kapal-kapal, pulau ini juga jadi saksi sejarah sengketa Kerajaan Jayakarta dan Banten yang tidak selesai-selesai saat itu.

Pulau Onrust dulunya diperebutkan oleh Jayakarta karena lokasinya yang dekat, namun di sisi lain Banten juga merasa memiliki hak atas pulau.

Hal menarik lainnya tentang pulau ini, ternyata dulunya juga menjadi tempat karantina penyakit menular dari jemaah haji, tepatnya saat dulu belum ada pesawat. Pulau Onrust juga jadi tempat pengasingan tahanan politik masa Jepang.

Misteri dan mitos Pulau Onrust di Kepulauan Seribu

Pulau Onrust di Kepulauan Seribu ini memiliki misteri yang masih menjadi tanda tanya, tepatnya saat masa Hindia Belanda.

Konon, pulau ini merupakan lokasi pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia. Dulu, orang yang dianggap berbahaya pasca berhaji akan disuntik mati oleh pemerintahan Belanda. Sebab, dulu sesudah mereka menunaikan ibadah haji, mereka akan belajar agama di Arab.

Selain itu, pada sekitar 1933 hingga 1940, misteri dan mitos Pulau Onrust di Kepulauan Seribu ini dulunya dijadikan tempat tawanan para pemberontak. Ada juga yang pernah dituduh sebagai pengikut NAZI pro Hitler di Indonesia, yang merupakan orang Jerman.

Sumber: