6 Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia, Salah Satunya Bertetangga

6 Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia, Salah Satunya Bertetangga

Bendera-Bendera Negara yang Pernah Jadi Bagian dari Indonesia di Masa Lampau--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia sebelum menjadi negara kesatuan, dulunya tersebar berbagai kerajaan. Ada beberapa negara yang pernah jadi bagian dari Indonesia karena pernah dikuasai kerajaan-kerajaan besar di Nusantara.

Kerajaan penakluk negara yang pernah jadi bagian dari Indonesia ini sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Sebut saja dua kerajaan tersohor masa Hindu-Buddha di Nusantara, yaitu Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. 

BACA JUGA:7 Negara Pernah Berdiri di Indonesia, Salah Satunya Tidak Terduga

Dua kerajaan nasional ini memperluas wilayah kekuasaan mereka hingga mencakup negara yang pernah jadi bagian dari Indonesia. Sayangnya, kedua kerajaan tersebut sudah runtuh dan negara yang menjadi kekuasaannya tersebut pun lepas. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal sejarah Indonesia, terutama yang berkaitan dengan kerajaan-kerajaan Nusantara. Melansir dari kanal youtube Angka & Data Channel, berikut informasi mengenai 6 negara yang pernah jadi bagian dari Indonesia

BACA JUGA:7 Kota Asing yang Mirip Kota di Indonesia, Ternyata Bali Hampir Serupa

6 Negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia

1. Timor Leste

Timor Leste sempat menjadi bagian dari Indonesia dengan nama provinsi Timor Timur. Pada tahun 1999, rakyat provinsi Timor Timur ini menyuarakan kemerdekaan.

Timor Leste dulunya bukan termasuk wilayah taklukan salah satu kerajaan di Nusantara, melainkan jajahan dari Portugal yang bernama Timor Portugis dari tahun 1702 hingga 1975. Sebelum akhirnya Indonesia secara resmi menjadikannya sebagai provinsi ke-27 yang bernama Timor Timur pada tahun 1976.

2. Filipina

Filipina pernah menjadi bagian dari wilayah salah satu kerajaan Indonesia, tepatnya pada masa Kerajaan Majapahit. Penaklukan tersebut diyakini oleh para ahli sejarah terjadi pada masa kekuasaan Raja Hayam Wuruk. 

Tentunya tidak terlepas dari ambisi Mahapatih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapa-nya. Sesuai dengan sumpahnya, wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit tercatat meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

BACA JUGA:Bagai Pinang Dibelah Dua, Ini Dia 7 Negara yang Mirip Indonesia

Sumber: https://youtube.com/shorts/igq3ww_klt4?feature=share