Unik nan Megah Masjid-Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Nomor 10 Ada di Palestina

Unik nan Megah Masjid-Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Nomor 10 Ada di Palestina

--pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Siapa yang tidak kenal Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil? Sebelum dikenal banyak orang sebagai pemimpin daerah, Gubernur Jawa Barat ini lebih dulu dikenal sebagai arsitek.

Masjid menjadi salah satu objek karya Ridwan Kamil sebagai arsitek. Ada sekitar empat belas masjid yang arsitekturnya dibuat oleh Ridwan Kamil.

Di tangan Ridwan Kamil, masjid-masjid menjadi tampak berbeda dari masjid pada umumnya. “Ketidakbiasaan” ini justru banyak disukai dan diapresiasi oleh kalangan internasional.

BACA JUGA:Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

10 Masjid megah rancangan Ridwan Kamil

Tiga masjid yang didesain Ridwan Kamil masuk dalam nominasi masjid dengan arsitektur terbaik di Arab Saudi, loh! Yaitu Masjid Al-Safar Purbaleunyi, Masjid Al-Irsyad Parahyangan, dan Masjid Raya Sumatera Barat.

Melansir dari kanal youtube berikut 10 mesjid megah Indonesia rancangan Ridwan Kamil

1. Masjid Raya Al Azhar 

Hal unik dari masjid ini adalah bangunannya yang tanpa kubah. Walaupun begitu, Ridwan Kamil meletakkan kubah kecil di atas menara masjid.

Menariknya lagi, masjid ini dibangun tanpa jendela. Namun, terdapat lubang ventilasi tempat keluar masuknya udara.

2. Masjid Raya Asmaul Husna Serpong

Seperti namanya, sebanyak 99 Asmaul Husna mengelilingi bagian luar masjid ini dengan nuansa hijau indahnya.

Peresmian masjid ini yaitu pada 6 Desember 2013. Masjid ini terletak di belakang Summarecon, Mall Serpong, Tanggerang Selatan.

3. Masjid Raya Sumatera Barat

Dalam merancang masjid ini, Ridwan Kamil terinspirasi dari kain yang terbentang pada kisah pertikaian empat suku Quraisy. Pertikaian ini adalah karena masing-masing dari mereka merasa paling pantas untuk meletakkan Batu Hajar Aswad di sudut Ka'bah.

Oleh karena itu, desain masjid ini memadupadankan kisah tersebut dan sentuhan khas Minang. Kekhasan Minang tersebut terlihat dari bentuk atap yang layaknya rumah adat Minangkabau.

4. Masjid Al-Irsyad, Padalarang

Masjid ini terletak di Padalarang, Kabupaten, Bandung Barat, Jawa Barat. Dibangunnya masjid ini yaitu pada tahun 2009.

Ridwan Kamil merancang masjid ini dengan desainnya yang mirip Ka'bah.  Bentuknya yang persegi panjang memberikan pemandangan tidak biasa kepada para pengunjung atau jamaahnya.

5. Masjid 99 Kubah, Makassar

Sebagai salah satu masjid terunik di Indonesia, masjid ini berdiri tak jauh dari pantai Losari. Seperti namanya, masjid ini memiliki banyak kubah yang berwarna cerah. 

Bangunannya yang besar mampu menampung sekitar 10.000 orang. Menariknya, arsitektur yang mendesain masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

6. Masjid Al-Safar

Perancangan masjid ini adalah hasil dari permintaan PT Jasa Marga Persero, Tbk. Masjid ini berdiri di rest area Tol Purbaleunyi.

Katanya, Masjid Al Safar adalah masjid terbesar di Indonesia yang terletak di rest area. Masjid ini mampu menampung sekitar 1.200 jamaah.  

7. Masjid Merapi Baiturrahim

Masjid ini memiliki konsep permainan bayangan yang menghasilkan banyak bukaan kecil di dinding atas masjid. Bangunan masjid ini tersusun dari batako yang bahan utamanya adalah hasil abu letusan Gunung Merapi.

Masjid ini terletak di Dusun Kopeng, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

8. Masjid Al-Jabbar


--pinterest.com

Nama Al-Jabar berasal dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna. Arti Al-Jabbar adalah Maha Gagah, Maha Kuasa.

Diperkirakan kapasitas masjid ini mencapai 60.000 jamaah. Selain itu, masjid ini juga akan dilengkapi beragam fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam, seperti Museum. 

Danau buatan yang dibangun sejajar dengan masjid juga memiliki fungsi pengendali banjir, sumber air, dan konservasi habitat.

9. Masjid Jami Darussalam

Masjid Jami Darussalam merupakan salah satu masjid rancangan Ridwan Kamil. Warga sekitar menyebut masjid ini dengan sebutan masjid segitiga.

Hal ini karena ruangan-ruangan di masjid ini dominan berbentuk segitiga. Lantas masyarakatpun menyebutnya dengan masjid segitiga.

BACA JUGA:Unik! Tak Hanya Kampung, Masjid-Masjid Ini Juga Terapung di atas Laut

10.  Masjid Gaza Palestina

Dalam perancangan Masjid Gaza Palestina ini, Ridwan Kamil juga ikut menyumbangkan idenya ke dalam desain masjid tersebut. Pada tahun 2014, masjid tersebut hancur karena serangan Israel.

Berkat kerjasamanya dengan Lembaga Palestina, masjid yang awalnya tidak berbentuk itu berubah menjadi masjid megah menghadap ke pantai. Masjid ini diresmikan pada 7 Mei 2021.

Demikian informasi mengenai 10 masjid rancangan Ridwan Kamil.***

Sumber: youtube top artis channel