Unik! Tak Hanya Kampung, Masjid-Masjid Ini Juga Terapung di atas Laut

Unik! Tak Hanya Kampung, Masjid-Masjid Ini Juga Terapung di atas Laut

--pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia dengan mayoritas warganya beragama Islam, memiliki banyak sekali masjid yang tersebar di setiap daerah. Tak hanya berada di atas daratan, ada juga masjid yang terapung di atas lautan.

8 Masjid terapung di Indonesia

Melansir dari kanal youtube Angelick Vaulina, berikut informasi mengenai 8 masjid terapung di Indonesia.

BACA JUGA:Masjid atau Kelenteng? Ini Dia 10 Masjid Terunik di Indonesia

1.    Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid ini merupakan masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Pada tahun 2009, masjid ini dibangun di atas tumpukan beton yang didorong ke dasar laut.

Keunikan dari masjid ini adalah bentuknya yang menyerupai rumah panggung tradisional Makassar dan Bugis. Terdiri dari tiga lantai, masjid ini mengusung konsep modern minimalis dan islami.

Masjid ini dapat menampung jamaahnya hingga 400-500 jamaah. Karena letaknya di atas laut, Anda bisa menikmati keindahan pesisir Makassar dari masjid ini.

2.    Masjid Al-Alam, Kendari

Masjid ini mulai dibangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2018. Kesan elegan terpancar dari masjid ini karena letaknya di atas permukaan laut.

Tak hanya itu, masjid ini memiliki kemiripan dengan Burj Al-Arab karena juga memiliki empat menara. Masjid ini telah menjadi ikon kebanggaan Kota Kendari.

Puluhan jendela kaca berwarna biru dan silver mengelilingi masjid, menambah kesan megah masjid ini. Selain menjadi ikon di Kota Kendari, masjid ini juga menjadi ikon Sulawesi Tenggara.

3.    Masjid Darul Irsyad, Bontang, Kalimantan Timur

Sebagai salah satu masjid terapung di Indonesia, masjid ini baru diresmikan pada 11 Maret 2022 kemarin. Pembangunan masjid ini dimulai sejak tahun 2019.

Penamaan Darul Isyad ini oleh Walikota Bontang. Arti dari nama tersebut adalah tempat petunjuk.

Walikota Bontang mengharapkan masjid terapung ini dapat bermanfaat. Selain untuk beribadah, kebermanfaatan itu juga diharapkan sebagai tempat wisata religi.

4.    Masjid Terapung Ancol, Jakarta

Masjid ini menjadi masjid terapung pertama yang ada di Jakarta. Kapasitas masjid ini hingga mencapai 2.000 jamaah.

Menariknya, arsitekturnya menanamkan nilai-nilai keislaman di setiap ornamen masjid. Mulai dari bentuk segilima yang menggambarkan kewajiban salat lima waktu, hingga simbol bulan bintang yang menggambarkan agama Islam.

Sejarah masuknya Islam ke Indonesia juga terdapat dalam masjid ini. Hal ini dapat dilihat masjid bentuk masjid yang terlihat seperti siluet kapal.

Kaitannya adalah bahwa sejarah masuknya Islam ke Indonesia yaitu melalui jalur pelayaran. Masjid terapung ini dapat dijadikan tempat wisata religi baik untuk wisatawan muslim maupun non-muslim.

5.    Masjid Samudera Ilahi, Painan, Sumatera Barat

Masjid terapung yang satu ini baru resmi digunakan dua tahun lalu. Tepatnya pada 8 Feb 2021.

Masjid ini dapat menampung jamaah hingga 300 jamaah. Letaknya yang dekat dengan Pantai Carocok Painan diharapkan dapat menjadi sarana ibadah wisatawan pantai.  

Selain itu, masjid ini juga sekaligus sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan.  

6.    Masjid Terapung BJ Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan

Menurut ungkapan Walikota Pare-Pare, masjid terapung ini dapat menampung hingga 1000 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, pembangunan masjid ini bertujuan untuk mengenang BJ Habibie yang lahir di Kota Pare-Pare.

Masjid ini terletak tidak jauh dari tanggul Pantai Mattirosi. Pembangunan masjid ini mendapat perhatian khusus karena tidak hanya persoalan keindahan saja, namun masjid juga harus berfungsi selayaknya tempat ibadah.

7.    Masjid Terapung Al-Jabbar


--pinterest.com

Nama Al-Jabar berasal dari salah satu diantara 99 Asmaul Husna. Arti Al-Jabbar adalah Maha Gagah, Maha Kuasa.

Diperkirakan kapasitas masjid ini mencapai 60.000 jamaah. Selain itu, masjid ini juga akan dilengkapi beragam fasilitas untuk kegiatan dakwah Islam, seperti Museum. 

Danau buatan yang dibangun sejajar dengan masjid juga memiliki fungsi pengendali banjir, sumber air, dan konservasi habitat.

BACA JUGA:5 Makam Ulama di Tegal yang Ramai Dikunjungi Peziarah, Tempat Wisata Keagamaan dan Edukasi

8. Masjid 99 Kubah Makassar


--pinterest.com

Sebagai salah satu masjid terapung di Indonesia, masjid ini berdiri tak jauh dari pantai Losari. Seperti namanya, masjid ini memiliki banyak kubah yang berwarna cerah. 

Bangunannya yang besar mampu menampung sekitar 10.000 orang. Menariknya, arsitektur yang mendesain masjid ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

Demikian informasi mengenai 8 masjid terapung di Indonesia.***

Sumber: youtube angelick vaulina