Uji Coba, Masyarakat Bisa Nikmati Kereta Cepat Jakarta-Bandung Juli Sampai Oktober Gratis!

Uji Coba, Masyarakat Bisa Nikmati Kereta Cepat Jakarta-Bandung Juli Sampai Oktober Gratis!

Kereta Cepat Jakarta Bandung-Tangkapan Layar-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Ini kabar menyenangkan bagi masyarakat yang ingin menikmati Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebut jika masyarakat bisa menikmati fasilitas itu secara gratis.

Terutama bagi yang tinggal di sekitar rel KCJB bisa mencoba transportasi tersebut secara cuma-cuma, mulai Juli ini.

“Kita berikan rakyat kita di sepanjang rel kereta api ini untuk mencoba secara gratis kereta api ini, dan itu kita harapkan mungkin Juli sudah bisa kita lakukan,” kata Luhut, Jumat, 23 Juni 2023.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini akan berangkat dari Stasiun Halim, Jakarta menuju pemberhentian terakhir Stasiun Tegalluar, Bandung dan sebaliknya.

Sesuai rencana, peresmian KCJB bakal berlangsung pada 18 Agustus mendatang oleh Presiden Jokowi. Usai peresmian tersebut, pemerintah akan melakukan promosi melalui menggratiskan tiket kepada calon penumpang yang ingin mencoba kereta cepat.

Setelahnya, kereta cepat ini akan dibanderol dengan harga Rp350 ribu untuk perjalanan jauh dan Rp150 ribu untuk perjalanan dekat.

BACA JUGA:Arief Poyuono Senang BBM Naik: Program IKN dan Kereta Cepat Ada Dananya

Program ini akan berlaku selama 90 hari atau tiga bulan dengan kapasitas kereta sekitar 600 orang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut para calon penumpang yang ingin mendapatkan tiket gratis bisa mendaftarkan diri secara online.

"Dari 18 Agustus (2023) selama 90 hari, kereta api cepat akan digratiskan kepada warga, silahkan daftar nanti ada pembukaan online karena kapasitas kereta sekitar 600 penumpang," ucap Ridwan Kamil.

"Siapa yang ingin tidak bayar, semua asal bisa tiket war ya istilahnya untuk mencoba kereta api cepat tanpa bayar selama 90 hari atas arahan Bapak Presiden, sehingga semua bisa merasakan manfaat," lanjutnya.

Ridwan Kamil pun telah terlebih dulu mencoba kereta tersebut. Hanya memakan waktu 20 menit perjalanan, pria yang akrab disapa Kang Emil itu merasa begitu nyaman saat berada di dalam kereta.

"Alhamdulillah tadi saya tes 354 km/jam, jadi 20 menit ke Padalarang. Rasanya kayak baru masuk toilet keluar sampai di lokasi," tuturnya.

Usai ke Bandung, pemerintah juga sudah mengkaji proyek kereta cepat ke daerah lain seperti ke Yogyakarta hingga Surabaya.

Sumber: