Ini Faktor Penyebab 3 Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat

Ini Faktor Penyebab 3 Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat

Pj Bupati didampingi KH Labib Shodiq, Plt Kepala Kemenag dan Ketua Komisi IV DPRD melepas rombongan calhaj.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebanyak 825 calon jamaah haji Kabupaten Brebes, diberangkatkan ke tanah suci, Jumat 2 Juni 2023. Jumlah tersebut sudah berkurang 3 orang calhaj yang gagal atau batal berangkat karena sejumlah faktor. 

Plt Kepala Kementerian Agama Kabupaten Brebes Madsholeh didampingi Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Faedurrohim mengungkapkan, berdasarkan data base calhaj Kabupaten Brebes yang akan berangkat ke tanah suci totalnya 828 orang. 

Namun, tiga orang mundur di beberapa hari terakhir sebelum pemberangkatan.

"Tiga calhaj yang batal berangkat, satu karena meninggal dunia. Dua lainnya, pasangan suami istri karena suaminya dirawat intensif maka istrinya mundur," jelasnya di sela-sela penglepasan calhaj di Gedung Islamic Centre.

BACA JUGA:Dini Hari Nanti, 202 Jemaah Calon Haji Kota Tegal Diberangkatkan

Total 825 calhaj yang berangkat, lanjut Madsoleh, adalah calhaj reguler dan cadangan yang sudah melakukan pelunasan. Kemudian, pembimbing KBIH 2 orang dan 5 Tim Pendamping Haji Daerah. 

Semua rombongan calhaj, terbagi menjadi 4 kelompok terbang. Rinciannya, 47 calhaj masuk Kloter 31 bersamaan dengan calhaj asal Kebumen. 

Kemudian, 350 calhaj masuk kelompok terbang 32 dan 33 sebanyak 352 calhaj khusus Kabupaten Brebes. 

Terakhir, 76 calhaj masuk kloter 34 bersama rombongan calhaj Kota Tegal.

BACA JUGA:Tiga Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat, 825 Lainnya Siap Terbang

"Khusus untuk TPHD, tercatat 5 orang meliputi Sekda dan Kabag Kesra Setda Brebes," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin menambahkan, kepada semua calhaj beserta TPHD dan rombongan diharapkan selalu menjaga kondisi kesehatan. 

Sebab, hampir 90 persen rangkaian ibadah haji membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima. Bahkan, pihaknya juga berpesan agar semua calhaj menerapkan dua prinsip penting dalam menjalankan ibadah haji.

BACA JUGA:Sempat Jadi Cadangan, Mbah Soleh Jemaah Haji Tunanetra Akhirnya Berhasil ke Tanah Suci

Sumber: