Tiga Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat, 825 Lainnya Siap Terbang

Tiga Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat, 825 Lainnya Siap Terbang

--

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tiga calon jemaah haji asal Brebes gagal berangkat. Sementara 825 lainnya sudah diberangkatkan, Jumat, 2 Juni 2023. 

Mereka yang gagal berangkat tahun ini punya alasan yang berbeda. Ada yang meninggal dunia dan dua lainnya karena alasan sakit.  

Calon jemaah haji yang meninggal dunia atas nama Nurjanah. Sementara, pasangan Darmaji beserta istri gagal berangkat karena alasan sakit. 

Sang suami yakni Darmaji mengalami sakit dan harus menjalani perawatan intensif sehingga istrinya mengurungkan diri berangkat haji.

"Tiga CJH (Calon Jemaah Haji) yang gagal berangkat, satu orang karena meninggal dunia. Dan satu orang sakit dan sang istri mendampingi suaminya yang sedang dirawat," jelas Plt Kepala Kementerian Agama Kabupaten Brebes Madsholeh didampingi Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Faedurrohim di sela-sela penglepasan CJH di Gedung Islamic Centre.

BACA JUGA:Sempat Jadi Cadangan, Mbah Soleh Jemaah Haji Tunanetra Akhirnya Berhasil ke Tanah Suci

Dia mengatakan, sesuai data base ada 828 CJH yang diberangkatkan. Namun, tiga orang mundur di beberapa hari terakhir sebelum pemberangkatan.

Dia menjelaskan, CJH yang diberangkatkan merupakan reguler dan cadangan yang sudah melakukan pelunasan. Kemudian, pembimbing KBIH 2 orang dan 5 Tim Pendamping Haji Daerah. 

Untuk rombongan CJH Kabupaten Brebes, terbagi menjadi 4 kelompok terbang. Rinciannya, 47 calhaj masuk Kloter 32 bersamaan dengan calhaj asal Kebumen. 

Kemudian, 350 calhaj masuk kelompok terbang 33 dan 34 sebanyak 352 calhaj khusus Kabupaten Brebes. Terakhir, 76 calhaj masuk kloter 35 bersama rombongan calhaj Kota Tegal.

"Khusus untuk TPHD, tercatat 5 orang meliputi Sekda dan Kabag Kesra Setda Brebes," jelasnya.

BACA JUGA:Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Tegal Tertua Usia 100 Tahun, Termuda 19 Tahun

Sementara itu, Penjabat Bupati Brebes Urip Sihabudin menyampaikan kepada para CJH beserta TPHD dan rombongan diharapkan selalu menjaga kondisi kesehatan. Sebab, hampir 90 persen rangkaian ibadah haji membutuhkan stamina dan kondisi fisik yang prima. 

Pihaknya juga berpesan agar semua CJH menerapkan dua prinsip penting dalam menjalankan ibadah haji.

Sumber: