Dini Hari Nanti, 202 Jemaah Calon Haji Kota Tegal Diberangkatkan

Dini Hari Nanti, 202 Jemaah Calon Haji Kota Tegal Diberangkatkan

--

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dini hari nanti, Sabtu, 3 Juni 2023, sekitar pukul 02.00 WIB, 202 jemaah calon haji Kota Tegal akan diberangkatkan. Mereka akan berangkat ke Asrama Donohudan Solo untuk kemudian berangkat ke tanah suci.

Sesuai rencana, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono akan melepas para jemaah dari kompleks Balaikota setempat. Untuk para jemaah, Dedy Yon mengingatkan kepada jemaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Meskipun WHO telah mencabut status darurat Covid-19.

“Kami tetap mengingatkan agar para jemaah tetap memperhatikan protokol kesehatan, meski WHO telah mencabut darurat Covid-19 di dunia,”tandasnya.

Selain itu, kata Dedy Yon, pihaknya juga meminta agar jemaah calon haji tetap menjaga pola hidup sehat. Serta disiplin dan mengikuti arahan dari para pendamping.

“Saya juga berpesan agar seluruh jemaah dapat saling menjaga satu sama lain di tanah suci. Serta membawa nama baik Kota Tegal,”ujar Dedy Yon.

BACA JUGA:Tiga Calon Jemaah Haji asal Brebes Gagal Berangkat, 825 Lainnya Siap Terbang

Kemudian, kepada para pendamping, Dedy Yon juga menitipkan pesan agar bekerja dengan optimal. Dalam melayani dan mendampingi para jamaah.

“Kami juga berharap, pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala. Berangkat maupun saat pulang seluruhnya sehat dan selamat, serta menjadi haji mabrur.

Pendamping Jamaah Firman Hadi menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Tegal dan Kantor Kemenag Kota Tegal yang telah melayani, membimbing dan mengawal calon haji. Selanjutnya, meminta dukungan dan doa agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik.

“Kami memohon doa dan dukungan agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji, dengan harapan menjadi haji mabrur,”ujarnya. 

Adapun jumlah jamaah yang akan berangkat yakni sebanyak 202 orang yang terdiri dari 118 perempuan dan 84 laki-laki. Nantinya, mereka akan tergabung dalam kloter 34 embarkasi Solo bersama Kabupaten Brebes dan Tegal.

Di antara ratusan jamaah calon haji tersebut, terdapat jemaah yang tertua yakni Suwarsih Asmadi yang berusia 87 tahun. Sementara jemaah termuda Muhammad Kaunang berusia 31 tahun.

BACA JUGA:Sempat Jadi Cadangan, Mbah Soleh Jemaah Haji Tunanetra Akhirnya Berhasil ke Tanah Suci

Kepala Kantor Kementrian Agama Ahmad Muhdzir saat pelepasan jamaah belum lama ini mengatakan, jumlah jemaah yang akan berangkat tahun ini itu termasuk petugas Pendamping Haji Daerah (PHD). Mereka akan berangkat dari Kota Tegal menuju asrama Donohudan pada Sabtu 3 Juni sekitar pukul 02.00 WIB.

Sumber: