Tak Ada Sambutan Mewah, Besok 32 Biksu Thudong Sampai di Magelang

Tak Ada Sambutan Mewah, Besok 32 Biksu Thudong Sampai di Magelang

Rombongan Biksu Thudong disambut oleh warga Kota Semarang.--

MAGELANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Perjalanan 32 Biksu Thailand yang melaksanakan ritual Thudong menjadi perhatian publik.

Besok, 30 Mei 2023, Biksu Thudong akan sampai Magelang. Rencananya mereka akan mampir dan menginap semalam di Kelenteng Liong Hok Bio, sebelum menuju Candi Borobudur.

Ketua Yayasan Tri Bhakti Magelang, Paul Candra Wesi Aji mengatakan, tak ada sambutan mewah dan meriah untuk kedatangan 32 Biksu Thudong.

“Rencananya tiba 30 Mei 2023 lalu mereka meninap semalam di sini. Kami antusias. Kami siapkan ruangan khusus di lantai 2 Kelenteng Liong Hok Bio,” ujar Paul Candra Wesi Aji yang karib disapa Awe.

BACA JUGA:32 Biksu Thudong Akan Naik Turun Bukit dan Seberangi Sungai Menuju Wihara Sima 2.500 Buddha Jayanti Semarang

Menurut Awe, Biksu yang melakukan ritual Thudong tidak meminta perlakuan khusus.

“Tidak ada permintaan khusus dari para biksu, seperti makanan, tempat tidur, maupun yang lainnya. Sebab para biksu itu sudah tidak memikirkan kebiasaan duniawi,” ujar Awe.

Lebih jauh Awe menguraikan, setelah menginap semalam di Kota Magelang, keesokan harinya tanggal 31 Mei 2023, para biksu akan melakukan tradisi Pindapatta. Yakni berjalan kaki di sepanjang Jalan Pemuda (Pecinan) Kota Magelang. 

Sementara sebelumnya, 32 biksu thudong sudah tiba di Kota Semarang sejak, Minggu 28 Mei 2023 siang. Para biksu itu sempat beristirahat di Kantor Kecamatan Tugu pada pukul 09.45 WIB.

BACA JUGA:Bermalam di Vihara Adi Dharma Semarang, Umat Buddha lakukan Tradisi Cuci Kaki untuk 32 Biksu Thudong

Setelah sekitar 3 jam beristirahat, ke-32 biksu thudong itu kembali melanjutkan perjalanan sekitar pukul 12.10 WIB. Kedatangan para biksu di Ibukota Provinsi Jawa Tengah itu disambut antusiasme warga.

Mereka memang sudah lama menunggu rombongan para biksu itu melintas di pinggir jalan yang akan dilalui. Rata-rata warga menenteng makanan dan minuman yang akan mereka berikan kepada rombongan biksu.

Rombongan 32 biksu thudong saat memasuki wilayah Kota Semarang mendapatkan pengawalan dari polisi, TNI, dan berbagai organisasi masyarakat. Setelah sempat beristirahat di Kantor Kecamatan Tugu, para biksu kembali beristirahat di SPBU di sekitar Pasar Karangayu Kota Semarang pada pukul 13.15 WIB.

Para biksu itu selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Vihara Adi Dharma, tempat mereka akan bermalam. Kedatangan 32 biksu thudong atau bhante di Vihara Adhi Dharma langsung disambut warga Buddhis Kota Semarang.

Sumber: magelang ekspres