Habib Luthfi Video Call 32 Biksu Thudong Thailand, Janji Akan Datang ke Candi Borobudur

Habib Luthfi Video Call 32 Biksu Thudong Thailand, Janji Akan Datang ke Candi Borobudur

--

BATANG, radartegal.disway.id - Sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke Candi Borobudur, rombongan 32 biksu thudong Thailand singgah di Kota Pekalongan. Para biksu bahkan sempat menginap di Kanzus Sholawat Habib Luthfi bin Yahya, Kamis 25 Mei 2023.

Sayangnya, ke-32 biksu thudong Thailand itu tidak sempat bertemu dengan ulama kharismatik tersebut. Saat para biksu tiba di Kota Batik itu, Habib Luthfi bin Yahya sedang berada di Jakarta.

Meski begitu, para biksu sempat bekomunikasi dengan Habib Luthfi bin Yahya melalui sambungan video call (VC). Dalam kesempatan itu, Habib Luthfi bin Yahya menyampaikan permintaan maaf dan berjanji akan datang ke Candi Borobudur, saat para biksu sampai ke Magelang.

Sebelum tiba di Kota Pekalongan, para biksu itu lebih dahulu beristirahat di Markas Koramil 10 Wiradesa di Kabupaten Pekalongan. Saat di Makoramil 10 Wiradesa, biksu-biksu tersebut sempat mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Setelah itu, mereka pun melanjutkan perjalanan berjalan kaki menuju kediaman Habib Luthfi di pusat Kota Pekalongan. Sepanjang perjalanan, ke-32 biksu itu mendapatkan sambutan hangat dari warga Pekalongan.

Sebagian warga bahkan ada yang menyediakan air mineral dan handuk. Bhante Wawan, salah seorang biksu yang berasal dari Cirebon, Indonesia, mengatakan para bhante merasa sangat senang.

Mendapat sambutan luar biasa

Mereka tidak menduga, akan mendapatkan sambutan hangat warga Indonesia selama perjalanan, termasuk di Pekalongan. "Luar biasa ketika memasuki Pulau Jawa. Setelah dari Bekasi, semua bhante mengatakan luar biasa," katanya.

Bhante Wawan mengungkapkan semua bhante dalam kondisi sehat. Menurutnya, ke-32 para biksu sudah ditawari mampir ke rumah Habib Luthfi di Pekalongan.

"Habib Luthfi sempat datang ke Cirebon. Beliau menyampaikan Bhante harus mampir ke tempat saya," ungkap Wawan yang juga dikenal sebagai Bhante Kanthadammo.

Sebelumnya saat memasuki Kota Tegal dan sekitarnya, rombongan 32 biksu Thailand itu juga sempat menangis. Mereka terharu dengan sambutan masyarakat yang sangat baik.

"Kami tidak bisa mengatakan dengan ucapan. Kami sangat terharu. Orang-orang di sini baik-baik. Kami sampai menangis," kata Bhante Wawan, saat tiba di objek wisata Pantai Purwahamba Indah (Purin) Suradadi, Kabupaten Tegal, Rabu pagi, 24 Mei 2023.

 

Ke-32 biksu itu menilai bahwa orang-orang Indonesia sangat baik. Toleransinya sangat tinggi dibandingkan dengan orang-orang di Thailand.

Sumber: