32 Biksu Thudong Pesan Jangan Takut Datang ke Indonesia, Bhante Katandhamo: Banyak Informasi yang Salah

32 Biksu Thudong Pesan Jangan Takut Datang ke Indonesia, Bhante Katandhamo: Banyak Informasi yang Salah

--

KENDAL, radartegal.disway.id - Rombongan 32 biksu thudong Thailand blak-blakan meminta warga negara asing (WNA), tak perlu takut datang ke Indonesia. Karena, para biksu sudah membuktikan sendiri, jika warga masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi.

“Banyak orang luar negeri yang takut ke Indonesia, karena adanya informasi yang salah. Kami menyaksikan sendiri, ternyata masyarakat Indonesia menjunjung tinggi toleransi,” ujar Perwakilan 32 Biksu Thudong Thailand, Bhante Katandhamo atau Banthe Wawan.  

Bhante Katandhamo juga mengungkapkan rasa terima kasih 32 biksu thudong Thailand untuk warga masyarakat Indonesia. Bhante Wawan yang merupakan biksu dari Cirebon, Indonesia, mengaku selama perjalanan mendapat pengawalan dari umat Islam.

Itu pula yang 32 biksu thudong Thailand rasakan saat memasuki wilayah Kabupaten Kendal, saat perjalanan dari Pendapa Kecamatan Weleri ke Kantor PCNU Kendal. Menurut Bhante Wawan, para biksu thudong sangat mengagumi toleransi beragama yang ada di Indonesia.

Bukti toleransi warga Indonesia

Salah satu bukti bahwa warga masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi, dibuktikan dengan antusiasme penyambutan biksu thudong. "Kami akan menginformasikan ini, supaya mereka tidak takut datang ke Indonesia," tambahnya lagi.

Ke-32 biksu sampai di wilayah Kabupaten Kendal, Sabtu 27 Mei 2023. Mereka sempat beristirahat 2 kali saat perjalanan dari Weleri ke Kantor PCNU Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Saat tiba di Kantor PCNU, 32 biksu thudong Thailand yang mendapat sambutan luar biasa dari warga Kendal, langsung beristirahat. Mereka mendapat pelayanan pijat kaki yang dilakukan oleh anggota banser.

Ke-32 biksu thudong Thailand juga mendapat kenang-kenangan lukisan Gus Dur (KH. Abdulrahman Wahid) dari salah seorang pengurus PCNU Kendal, Izzudin. Tak lupa, mereka mengucapkan selamat datang dan mempersilakan ke-32 biksu untuk beristirahat.

“Kami punya tukang pijat, silahkan yang mau pijat,” kata Izzudin kepada 32 bikasu thudong Thailand.

Sempat beristirahat dua kali

Ke-32 biksu thudong Thailand memasuki wilayah Kabupaten Kendal, Sabtu pagi 27 Mei 2023. Mereka sempat beristirahat di Pendapa Kecamatan Weleri, untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Kantor PCNU Kendal.

Dalam perjalanannya itu, ke-32 biksu beristirahat dua kali di SPBE Truko dan Pabrik Gula Cepiring. Dalam perjalanan menuju Kantor PCNU Kendal itu, para biksu mendapatkan pengawalan dari polisi, TNI, dan Banser.

Berikutnya, usai beristirahat di Kantor PCNU, para biksu thudong itu melanjutkan perjalanan menuju ke Gereja Santo Antonius Padua di Jalan Pemuda Kendal. Rencananya, Minggu 28 Mei 2023 hari ini, ke-32 biksu thudong Thailand akan memasuki Kota Semarang.(*) 

Sumber: