32 Biksu Thudong Akan Naik Turun Bukit dan Seberangi Sungai Menuju Wihara Sima 2.500 Buddha Jayanti Semarang

32 Biksu Thudong Akan Naik Turun Bukit dan Seberangi Sungai Menuju Wihara Sima 2.500 Buddha Jayanti Semarang

--

SEMARANG, radartegal.disway.id - Senin 29 Mei 2023 hari ini, 32 biksu thudong Thailand akan menghadapi rute yang menantang. Para biksu dijadwalkan akan melakukan ritual saat menyinggahi Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti, Bukit Kassap, Banyumanik, Kota Semarang. 

Bukan perkara mudah untuk mencapai lokasi tersebut. Rute menuju ke vihara terpencil itu cukup terjal, dengan menaiki dan menuruni bukit hingga menyeberangi arus Sungai Kaligarang.

Untuk memudahkan perjalanan para biksu thudong tersebut, para relawan membuat jalur agar lebih ramah untuk para biksu lewati. Relawan Gabungan Semarang itu ikut mempersiapkan penyambutan para biksu dengan membuat jembatan sepanjang 20 meter.

Jembatan sederhana itu para relawan buat supaya para biksu thudong nyaman saat melintasi Sungai Kaligarang untuk menuju Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti. Para relawan itu sudah menyiapkan jembatan sederhana itu lengkap dengan tali karmantelnya.

Sehingga jembatan sederhana tersebut akan aman dan nyaman saat dilewati para biksu. Puluhan relawan lainnya dari berbagai komunitas seperti Sriti, Banser, ITS, dan lainnya juga ikut bergabung dalam kerja bakti ini.

Umat Buddhis bisa ikuti agenda biksu thudong

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Vihara Sima 2.500 Buddha Jayanti, Wahyudi mengatakan, seluruh masyarakat bisa mengikuti agenda biksu thudong selama berada di Semarang. 

Wahyudi mengimbau masyarakat memberikan persembahan Shanga Dana. Yakni persembahan berupa perlengkapan para biksu, seperti makanan tahan lama, obat-obatan, atau jubah untuk pakaian para biksu.

Jika mau mengikuti agenda para biksu thudong berikut jadwal dan rute perjalanan selama di Kota Semarang: 

Senin 29 Mei 2023

Pukul 05.00-05.30 WIB: Menuju Klenteng Tay Kak Sie

Pukul 05.30-06.20 WIB: Pembacaan Parrita dan persembahan Shanga Dana

Pukul 06.20-11.00 WIB: Menuju Vihara Sima 2500 Budha Jayanti, Bukit Kassapa

Rute Perjalanan:

Sumber: