Warga Khawatir Erosi dan Longsor Akibat Kegiatan Galian di Dekat Makam Ki Gede Sebayu Tegal

Warga Khawatir Erosi dan Longsor Akibat Kegiatan Galian di Dekat Makam Ki Gede Sebayu Tegal

Pekerja sedang melakukan penggalian tanah di wilayah Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.--

BACA JUGA:Bimtek Harmonisasi Pokir DPRD Kabupaten Tegal Akan Dilaksanakan di Solo

Menanggapi hal itu, Penanggung jawab kegiatan yang merupakan pelaku usaha Nasru Zulmi mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan itu tidak mengganggu aktivitas jalan makam.

"Saya rasa nggak begitu mengganggu aktivitas jalan makam,” kata pemilik lahan melalui komunikasi Whatsapp.

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilakukan itu sudah memiliki izin penggunaan akses dari Kementerian PUPR. Pihaknya juga mengirimkan beberapa bukti video sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait dengan kegiatan tersebut.

Soal galian, pihaknya mengaku rencananya akan dibuat rest area perluasan wisata religius makam agar bus besar dapat masuk ke parkir. Sehingga ke depan dapat terintegrasi ke situs Candiwulan yang selama ini belum tersentuh.

BACA JUGA:Terhempas Angin dan Terseret ombak, Kapal Tongkang Terdampar di Wisata PAI Tegal

”Dalam pembangunan rest area, posisi tanah yang dibelakang itu saya pakai metode sempadan terasering. Insya Allah tidak terjadi erosi. Dan rencana ke depan saya akan membuat jalan alternatif naik ke atas yang tembus ke jalan raya, mungkin jalan itu berada di depan gerbang Desa Sesepan. Jalan alternatif itu sebagai upaya saya untuk menanggulangi bila mana terjadi kemacetan di lokasi wisata,” jelasnya. *

Sumber: