Kartu Tani Digital dan KUR BSI Dilincurkan Presiden Jokowi di Aceh, Begini Pola Transaksinya

Kartu Tani Digital dan KUR BSI Dilincurkan Presiden Jokowi di Aceh, Begini Pola Transaksinya

Kartu Tani Digital dan KUR BSI Dilincurkan Presiden Jokowi di Aceh, Begini Pola Transaksinya.--

BACA JUGA:Cerita Pelajar SMA Dihadiahi Laptop Ganjar saat Hari Pernas Nasional 2023 di Medan

Lewat anggaran ketahanan pangan tersebut pemerintah juga mendorong pemanfaatan teknologi dan data, serta pengembangan iklim investasi, penguatan sistem logistik pangan nasional, hingga transformasi sistem pangan yang berkelanjutan.

Maksimalkan Penyaluran KUR

Dalam kesempatan tersebut BSI juga menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 3 triliun kepada masyarakat Aceh.  

Presiden Jokowi yang dalam sambutannya mengatakan Aceh mendapatkan jatah yang sangat besar dari penyaluran KUR BSI. 

Karena untuk Aceh sendiri saja BSI mengalokasikan Rp3 triliun dari total Rp14 triliun jatah KUR BSI tahun ini. 

BACA JUGA:Hari Pers Nasional 2023, Wali Kota Tegal Minta Wartawan Jaga Netralitas di Tahun Politik

Presiden berharap alokasi KUR tersebut dapat membantu mengembangkan dan mensejahterakan masyarakat Aceh.

“Sekarang BSI untuk seluruh tanah air menyediakan Rp14 triliun dibagi 38 provinsi. Aceh sendiri dapat gede banget jatahnya Rp3 triliun. Saya melihat, saya juga orang Aceh pernah di Lhokseumawe, di Bener Meriah, potensi di Aceh ini sangat besar, perdangangan, perikanan, pertanian, dan perkebunan semua ada di sini. Ekonomi akan tumbuh kalau peredaran uangnya semakin banyak, dan Rp3 triliun (alokasi KUR BSI) akan men-trigger ekonomi di Aceh,” tuturnya.

Jokowi juga mengingatkan agar para penerima KUR berhati-hati dalam menggunakan pembiayaan yang mereka terima dari BSI. Presiden mengingatkan pembiayaan tersebut harus digunakan untuk usaha yang produktif bukan konsumtif.

“Pembiayaan di BSI bisa sampai Rp500 juta asal usahanya lancar dan pembayarannya lancar. Hati-hati dalam penggunaannya, jangan dibelikan mobil, hati-hati. 6 bulan gagah habis itu mobil ditarik. Pembiayaan harus betul-betul disiplin dan harus tiap bulan disiapkan untuk angsurannya. Kalau diberi pembiayaan seperti itu jangan tergesa-gesa untuk mencari kesenangan,” kata Jokowi.

BACA JUGA:DPRD dan Eksekutif Pemalang Tolak Tandatangani Kesepakatan Guru Honorer Lulus Passing Grade

Sementara itu, Direktur Utama BSI Hery Gunardi berharap dengan penyaluran tersebut dapat lebih meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Aceh. 

“BSI berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Aceh dalam meningkatkan dan mendorong roda perekonomian khususnya di sektor UMKM guna menaikkan taraf hidup. Salah satunya lewat penyaluran KUR, yang Alhamdulillah tiap tahunnya terus meningkat baik dari sisi penyaluran maupun jumlah penerima manfaatnya,” kata Hery. 

Di Provinsi Aceh, Hery mengatakan pihaknya memiliki catatan positif dalam penyaluran salah satu stimulus pemerintah di sektor UMKM tersebut. 

Sumber: