Tingkatkan Perekonomian, 14 Emak-emak di Prupuk Utara Dilatih Membuat Abon Jamur Sehat

Tingkatkan Perekonomian, 14 Emak-emak di Prupuk Utara Dilatih Membuat Abon Jamur Sehat

Ibu-ibu di Desa Prupuk Utara Margasari Kabupaten Tegal dilatih membuat abon jamur.-Yeri Noveli-

MARGASARI, RADARTEGAL.COM - Sejumlah emak-emak di Desa Prupuk Utara, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal dilatih membuat abon jamur.

Mereka dilatih memasak, mengemas hingga memasarkannya. Hal ini sebagai langkah untuk meningkatkan perekonomian di lingkungan Desa Prupuk Utara.

"Kami ingin membuka peluang usaha untuk masyarakat di desa kami. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian warga," kata Kepala Desa Prupuk Utara, Sri Lestari, Kamis 3 November 2022.

Dia mengungkapkan, pelatihan ini diikuti 14 ibu-ibu yang mewakili Dasawisma Desa Prupuk Utara. Dalam pelatihan itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Mahasiswa KKN 53 UIN Gusdur.

BACA JUGA:Embung dari Ganjar Usir Hantu Kekeringan yang Meneror Warga Wonogiri

"Ibu-ibu sangat berantusias mengikuti pelatihan ini," ucapnya.

Dia mengemukakan, pembuatan abon jamur ini tidak membutuhkan alat yang spesial. Hanya alat sederhana seperti wajan, kompor, spatula, saringan halus (kain), wadah, talenan, pisau, cobek, chopper dan spiner. 

Sedangkan bahan yang dibutuhkan diantaranya, jamur tiram, santan, bumbu dapur lengkap, gula merah, asam jawa, daun jeruk, dan daun salam. Ditambah serai, jahe, lada, gula pasir, garam, tisu makan, minyak goreng dan lengkuas.

Pembuatan abon jamur dimulai dengan menyiapkan 500 gram jamur tiram yang dipotong kecil-kecil sekitar 2 cm dan haluskan bumbu yang sudah disiapkan.

BACA JUGA:Silpa DPU-TR dan Dinkes Pemalang Tinggi, Bupati: Tidak Ada Lagi Pekerjaan yang Tidak Dikerjakan

Kemudian, tambahkan jahe geprek, daun jeruk dan daun salam, lalu siram jamur dengan air mendidih lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu, peras jamur hingga kandungan airnya berkurang, lalu chopper jamur sampai bertekstur halus seperti suwiran ayam.

Kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan suwiran jamur, aduk hingga bumbu merata.

Setelah bumbu merata, siapkan minyak panas dan goreng jamur dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan.

"Setelah itu, kurangi kandungan minyak pada jamur dengan spinner lalu kemas kedalam pouch, abon jamur siap dijual," ujarnya.

Sumber: