Menyambut Perubahan Model Pembelajaran di Masa Pandemi

Menyambut Perubahan Model Pembelajaran di Masa Pandemi

PENULIS - Pipit Pratiwi, S.Pd. SD, guru kelas 1 SDN 3 Kebongembong Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal.--

Untuk itu, upaya standardisasi dapat dilakukan dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang menunjang protokol kesehatan. 

Tiap sekolah wajib tersedia tempat cuci tangan, tatanan model kelas yang berjarak, sterilisasi berkala dengan cairan disinfektan, dan menyiapkan satgas Covid untuk memastikan selalu kondisi sekolah berada pada standar keamanan dan kesehatan warga sekolah. 

Satgas Covid dapat terdiri dari perwakilan guru yang ditunjuk dan perwakilan dari dinas pendidikan setiap daerah. Satgas Covid juga memiliki fungsi untuk memberikan pelatihan kepada guru tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

Penyelenggaraan proses pembelajaran dimasa Pandemi dengan Pembelajaran luring (tatap muka) merupakan secercah harapan baru dalam peningkatan hasil belajar siswa yang kurang maksimal pada masa pandemi dengan pembelajaran daring sebelumnya.

Sebagai guru, siswa dan orang tua siswa selalu berusaha menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan baik karena bencana (pandemi) maupun karena program pemerintah. (*)

Penulis  : Pipit Pratiwi, S.Pd. SD

Guru kelas 1 SDN 3 Kebongembong Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal

Sumber: