Kenalkan 7 Jenis Organ Pencernaan Manusia dan Fungsinya Lewat Makanan Favorit Siswa

Kenalkan 7 Jenis Organ Pencernaan Manusia dan Fungsinya Lewat Makanan Favorit Siswa

SULISTIYO ANIK SURYANI, S.Pd.--

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menjadi salah satu bagian penting dalam tubuh manusia, pengetahuan mengenai organ pencernaan manusia merupakan hal yang penting untuk diketahui. Karenanya, hal ini dikenalkan pada peserta didik di hampir semua tingkatan.

Tentunya dengan pendalaman materi yang berbeda di tiap-tiap tingkatan. Pada pendidikan dasar, materi pengenalan organ pencernaan manusia ini diajarkan di kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Materi ini masuk dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tema 5 tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh. Dengan materi ini tentunya, peserta didik akan belajar mengenali lebih dalam tentang organ pencernaan manusia di tubuhnya.

Alat peraga untuk menjelaskan sistem pencernaan manusia yang terdiri dari berbagai organ tentunya diperlukan. Bentuknya bisa berupa gambar atau audio visual.

Pendidik juga bisa memancing perhatian siswa didik pada materi ini dengan menggunakan menu atau makanan favorit mereka. Makanan favorit itu bisa dijadikan 'pemeran' utama saat guru menjelaskan proses pencernaan di dalam tubuh manusia.

Harapannya, dengan menyebut menu tersebut, peserta didik menjadi semakin antusias menyimak materi tentang organ pencernaan yang tengah menjadi pembahasan. Dengan begitu, mereka lebih mudah memahami sistem pencernaan dengan berbagai organ yang terlibat di dalamnya. 

Mengutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 5 SD Tema 5 tentang Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh, hlm. 143-145, sistem pencernaan manusia terdiri dari berbagai organ yang saling berkaitan satu sama lain. Hal ini berperan dalam proses mencerna makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Sebelum mengenalkan dan menjelaskan lebih dalam organ-organ yang berperan dalam sistem pencernaan manusia, pendidik bisa memancing interaksi peserta didiknya. Di dalam kelas, mereka bisa diminta untuk menyebutkan menu atau makanan favorit yang bisa digunakan pendidik sebagai ilustrasi.

Jika perlu, sebelum materi tentang organ pencernaan diberikan, pendidik menugaskan peserta didik untuk membawa menu tersebut. Nantinya, makanan yang mereka bawa akan digunakan sebagai salah satu alat peraga untuk menjelaskan sistem pencernaan.

Mulai dari mulut saat makanan atau minuman mulai dicerna tubuh. Pendidik bisa menjelaskan proses menggigit, memotong dan mengunyah dengan meminta peserta didik mempraktikkannya. 

Di sini makanan akan melalui proses mekanis di mana mulut mencerna makanan menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, makanan akan bercampur dengan air liur untuk menuju proses pencernaan selanjutnya.

Selanjutnya, pendidik bisa mulai menjelaskan organ dan sistem pencernaan selanjutnya seperti kerongkongan, lambung, usus halus, pankreas, usus besar dan anus. 

Mengutip dari blog akupinter.id, saluran pencernaan manusia disebut juga dengan saluran gastrointestinal. Ini merupakan saluran yang memanjang dari mulut hingga ke anus. 

Saluran ini berfungsi untuk mencerna, memecah, dan menyerap zat gizi makanan yang kemudian dialirkan melalui peredaran darah.

Sumber: