Ibadah Qurban dan Hubungannya dengan Pendidikan Karakter Anak

Ibadah Qurban dan Hubungannya dengan Pendidikan Karakter Anak

--NU Online Jatim

1. Bentuk ketaatan pada Allah sebagai pencipta dapat membentuk karakter anak yang disiplin dan taat. 

2. Penyembelihan dan berbagi di sini dapat dijadikan pendidikan tentang berbagi, saling menyayangi, dan bertoleransi dengan orang lain. 

Dalam penerapannya tentu tidak semudah yang kita sampaikan, sangat membutuhkan keteladanan dan keikutsertaan anak dalam kegiatan ibadah di bulan Dzulhijah ini. 

Kita sebagai guru maupun orang tua sangat perlu mengikut sertakan anak-anak dalam rentetan kegiatan di hari Id Quraban. Dari kegiatan Salat Id hingga pelaksanaan penyembelihan dan pembagiannya. 

Tanpa disadari akan tumbuh dalam jiwa ataupun pribadi anak-anak. Bentuk ketaatan mereka dalam beribadah kepada Allah subhanallohuwata’ala dan Nabi Muhammad Shallohu’alaihi wassalam hingga tumbuh jiwa toleransi dan berbagi kepada saudara lainnya. 

Dari bentuk atau cara kita sebagai pendidik maupun orang tua pada anak, sangat lebih mudah dengan dibarengi adanya momentum maupun kegiatan tertentu, di mana ini akan lebih mudah dan lebih melekat dalam membentuk karakter anak. Seperti yang sudah diuraikan di atas.    

Demikian yang bisa penulis uraikan dari hubungan ibadah kurban dengan pendidikan karakter anak. Mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisannya. (*/ima)

Penulis: Siswati, S.Pd, Guru Kelas 6 SDIT Al Madinah Nogosari Boyolali.

 

Sumber: