Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar

Mempelajari Kurikulum Merdeka di  Platform Merdeka Mengajar

--

Oleh: Setiyoningsih SPd SD

AKHIR-AKHIR ini dunia pendidikan Indonesia di gemparkan dengan kurikulum baru, yaitu Kurikulum Merdeka. Apa itu Kurikulum Merdeka?

Sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel. Sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Karakteristik utama dari kurikulum ini yang mendukung pemulihan pembelajaran adalah pembelajaran berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila.

Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.

Untuk mempermudah guru-guru mengakses kurikulum merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuat Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang bisa di akses dalam laman https://guru.kemdikbud.go.id/

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. 

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

PMM menjadi salah satu platform teknologi yang dikembangkan untuk mengakselerasi transformasi kompetensi guru di Indonesia. diharapkan PMM dapat membantu guru dalam mengajar sesuai kemampuan murid.

Mengakses materi pelatihan mandiri kapan pun dimana pun, membantu guru menginspirasi rekan sejawat dan terkoneksi ke banyak komunitas guru di seluruh Indonesia.

PMM dibangun guna menciptakan teknologi tepat guna mendukung transformasi pendidikan yang berkesinambungan.

Produk-produk dalam Platform Merdeka Mengajar juga mendorong akses pengembangan kualitas guru karena membantu para guru menerapkan pembelajaran paradigma baru, baik dengan menyediakan referensi pengajaran maupun melalui peningkatan kompetensi.

Tidak hanya para guru di kota-kota besar dan daerah yang secara infrastruktur jaringan sudah mapan. Produk-produk dalam platform Merdeka Mengajar dapat juga diakses di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Sumber: