Peranan Penting Literasi di Dunia Kerja

Peranan Penting Literasi di Dunia Kerja

Ilustrasi--

Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Akan tetapi, Literasi sendiri pada dasarnya merupakan kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis.

Di dalam dunia pendidikan, literasi sendiri menjadi sarana bagi siswa dalam mengenal dan memahami ilmu yang didapatkan di sekolah yang memiliki manfaat untuk meningkatkan nilai mata pelajaran dan meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir. Akan tetapi, literasi sendiri mempunyai peranan penting dalam di dalam dunia kerja.

Di era modern, setiap orang bukan hanya membutuhkan keterampilan saja tetapi harus memiliki skill baik itu di dalam kreativitas, pemikiran kritis, kolaborasi, komunikasi, informasi, media, dan teknologi.

Hal inilah yang melibatkan berbagai penggunaan perangkat digital secara efektif untuk upaya dukungan dalam menjalani aktivitas semaksimal mungkin. 

Dalam dunia kerja, literasi terbagi menjadi beberapa bagian kelompok yang terdiri dari:

Literasi Foto-Visual (kemampuan seseorang untuk menginterpretasi dan memberi makna dari sebuah informasi yang berbentuk gambar atau visual).

Literasi Informasi (kemampuan seorang individu untuk mengenali kapan informasi tersebut dibutuhkan serta untuk menemukan, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai format).

Literasi Sosial-Emosional (tergolong literasi baru yang disebut sebagai sosial-emosional karena melibatkan aspek sosiologis dan emosional dari pekerjaan di dunia maya).

Literasi Reproduksi (kemampuan untuk menciptakan karya atau interpretasi yang bermakna, otentik, dan kreatif, dengan mengintegrasikan potongan-potongan informasi independen yang ada).

Literasi Cabang (memungkinkan untuk beralih dari pencarian data yang relatif linier di perpustakaan dan database digital tradisional, ke konstruksi pengetahuan dari informasi yang diakses secara non-linear).

Literasi digital lebih cenderung pada hal-hal yang terkait dengan keterampilan teknis dan berfokus pada aspek kognitif dan sosial emosional dalam dunia dan lingkungan. (*)

Nur Masdiyana, S. Pd

 

SDN 3 Plawangan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Jawa Tengah

Sumber: