5 Tradisi Indonesia Melibatkan Pemangilan Arwah, Punya Pemaknaan Tersendiri dari Masing-masing Daerahnya

Sabtu 01-06-2024,18:30 WIB
Reporter : Lawrentia Agfa
Editor : Teguh Mujiarto

Dalam upacara ini, tradisi dilakukan dengan kumpul keluarga di makam leluhur guna memberikan persembahan berupa makanan dan minuman kepada arwah serta berdoa agar arwah tersebut mampu memberikan keberkahan.

4. Tolak Bala di daerah Bali

Keempat,  tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah yang akan kami bahas lainnya adalah tradisi tolak bala di Bali.  Di Bali sendiri dikenal punya banyak tradisi, salah satunya adalah Tolak Bala yang dilakukan untuk mengusir arwah jahat atau roh-roh negatif dari sebuah tempat.

Upacara ini melibatkan dukun atau pendeta Hindu yang melakukan ritual dan memanggil kekuatan spiritual untuk membersihkan lingkungan dari gangguan gaib.

BACA JUGA:Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

5. Dukun untuk media komunikasi dengan dunia gaib

Kelima,  tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah yang akan kami bahas terakhir adalah dukun untuk media komunikasi dengan dunia gaib. Konon d ukun atau paranormal sering diminta bantuan untuk memanggil arwah leluhur atau melakukan komunikasi dengan dunia gaib.

Dalam berbagai konteks, dukun diketahui akan mencari petunjuk dari permasalahan, memecahkan masalah, atau meminta perlindungan.

Nah itu dia tadi pembahasan artikel dari radar tegal dengan judul 5  tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah, punya pemaknaan tersendiri dari masing-masing daerah. Semoga bermanfaat. 

 

Kategori :