Dianggap Menganakemaskan Israel, Sikap FIFA Dikritik Legislator RI dari PKS

Dianggap Menganakemaskan Israel, Sikap FIFA Dikritik Legislator RI dari PKS

Legislator RI dari PKS mengkritik sikap FIFA yang dianggap menganakemaskan Israel--

JAKARTA, radartegal.com – Anggota DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Abdul Fikri di Jakarta menyentil FIFA yang dianggap menganakemaskan Israel. Pasalnya, federasi sepakbola internasional itu tidak pernah memberikan sanksi kepada federasi sepakbola Israel atau IFA. 

Menurut Fikri, pada Piala Dunia di Qatar 2022 lalu, FIFA memberikan sanksi kepada Rusia. Itu, sebagai tanggapan atas serangannya terhadap Ukraina.

"Namun, hingga kini belum ada sanksi untuk Israel. Padahal, hingga saat ini masih melakukan kejahatan genosida di Palestina dan Lebanon," katanya Senin, 7 Oktober 2024.

Mantan Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu menyebut FIFA justru membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Karena ada penolakan dari masyarakat Indonesia terhadap kehadiran tim nasional Israel.

BACA JUGA: Serangan Dua Sisi, Koalisi Israel Ingin Genjatan Senjata Ditolak, Warga Tel Aviv Demo Minta Netanyahu Mundur

BACA JUGA: Erdogan Ngamuk! Netanyahu Bakal Bernasib Seperti Nazi Jerman Adolf Hitler usai Israel Serang Rafah

"Bahkan, yang terbaru sebelumnya, komite disiplin FIFA menyatakan akan menyelidiki dugaan pelanggaran aturan oleh IFA. Namun, belakangan memutuskan tidak jadi menjatuhkan skorsing terhadap federasi sepak bola Israel," tandasnya. 

Padahal, kata Fikri, Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) meminta agar Israel diskors dari sepak bola internasional pada Mei karena perang di Gaza. Sebab, diyakini Israel telah melakukan pelanggaran peraturan FIFA dan menyerukan sanksi terhadap tim dan klub nasional negara tersebut.

"Sebagai gantinya, FIFA meminta penyelidikan disiplin. Atas kemungkinan diskriminasi yang dituduhkan para pejabat sepak bola Palestina," terangnya.

Fikri menyebutkan kondisi tersebut merupakan hal yang seharusnya tidak dilakukan. Oleh lembaga tertinggi sepakbola dunia.

BACA JUGA: Seruan Erdogan Terhadap PBB dan Konflik Israel Palestina, Dunia di Tangan Lima Negara

BACA JUGA: IDF Ketar-ketir, Negara Barat Kecam Serangan Brutal Militer Israel di Rafah

Karenanya, kata Fikri, dirinya juga mendorong PSSI sebagai bagian dari FIFA harus berperan mendorong agar keadilan juga ditegakan oleh FIFA untuk Pelestina. PKS kecewa FIFA tidak bersikap konsisten dan cenderung memiliki standard ganda, seharusnya konsisten menjaga nilai kemanusiaan.

"PKS sebagai salah satu elemen bangsa yang peduli terhadap keadilan bagi Palestina akan terus menyuarakan. Agar lembaga internasional untuk lebih tegas dalam menghadapi Israel negara yang melakukan pelanggaran HAM," ujar Fikri.

Sumber: