Pastikan Tercukupi, Ketua KPU Kota Tegal: Logistik Urat Nadinya Pemilihan

Pastikan Tercukupi, Ketua KPU Kota Tegal: Logistik Urat Nadinya Pemilihan

Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno saat memberikan materi di Rakernis terkait logistik Pilkada 2024--

TEGAL, radartegal.com - Logistik merupakan bagian yang paling penting, sehingga bisa diibaratkan urat nadinya sebuah pemilihan umum. Karenanya, sebagai penyelenggara, KPU akan memastikannya tercukupi.

Itu, disampaikan Ketua KPU Kota Tegal Karyudi Prayitno saat menjadi pembicara dalam kegiatan rapat kerja tekhnis bersama Panwascam se-Kota Tegal, Senin 7 Oktober 2024. Kegiatan, dibuka secara langsung Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid.

Menurut Karyudi, jika diibaratkan bagian tubuh, maka logistik itu merupakan urat nadi yang akan mengalirkan oksigen nutrisi ke dlm organ tubuh agar tetap sehat. Itulah vitalnya sebuah logistik dalam Pemilihan.

"Sebagus apapun tahapan klau logistiknya tidak ada maka akan terkendala semua. Karenanya, kami akan memonitoring terus secara kontinuitas," katanya.

BACA JUGA: 754 Botol Tinta Logistik Pilkada 2024 di Tegal Tiba di Gudang KPU, Kabel Ties Menyusul

BACA JUGA: Pergeseran Logistik Pemilu 2024 di Tegal Dimulai Besok

Karyudi mengungkapkan, dasar pengadaan logistik itu tertuang dalam PKPU 12/2024 tentang Pemungutan Suara, Dukungan Perlengkapan Lainnya, dan Perlengkapan Pemungutan Suara Lainnya dalam Pilgub, Pilwalkot dan Pilbup. Serta Keputusan KPU 1337 tentang Desain Susu dan desain Alat bantu Tunanetra.

"Dalam penyelenggaraan logistik, kami berpegang pada prinsip 4 tepat. Yakni, tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas dan tepat sasaran," terangnya.

Karyudi menambahkan, ada beberapa logistik yang sudah tiba di Gudang KPU. Yakni, bilik suara sebanyak 1.508 unit, tinta 754 botol, kabel ties 4.524 botol dan kotak suara 762.

"Untuk logistik lainnya masih dalam proses dan kita akan pastikan tercukupi. Karena logika tanpa logistik sama dengan anarkis dan Pemilu tanpa logistik sama saja tidak ada pemilu," pungkasnya. 

Sumber: