Mitos Menyeramkan Gunung Ciremai, dari Harimau Mata Satu hingga Gamelan Gaib

Mitos Menyeramkan Gunung Ciremai, dari Harimau Mata Satu hingga Gamelan Gaib

MISTIS - banyak mitos menyeramkan di puncak Gunung Ciremai, yang masih berkembang dan dipercaya para pendaki dan masyarakat sekitar.--banhub jabar

Di tengah hutan Gunung Ciremai, terdapat danau tersembunyi yang konon dihuni oleh siluman. Danau ini diyakini terlarang untuk dikunjungi dan orang yang berani mendekatinya akan mendapat kesialan.

BACA JUGA: Mitos Gunung Gajah di Pemalang, Konon Ada Kerajaan Siluman Binatang Terbesar dan Jelmaan Manusia Monyet

BACA JUGA: Masih Jadi Misteri yang Belum Terjawab, Ini 6 Mitos Gunung Gede Pangrango Jawa Barat

4. Sarangnya Harimau Bermata Satu

 

Mitos ini mungkin paling terkenal di kalangan pendaki Ciremai. Konon, di puncak gunung terdapat sarang harimau mata satu yang ganas dan sering menerkam pendaki. Mitos ini menimbulkan rasa takut dan keraguan bagi pendaki yang ingin mencapai puncak.

5. Akar Pohon Beringin Raksasa yang Menembus Bumi

Di kaki Gunung Ciremai, terdapat pohon beringin raksasa yang konon akarnya menembus bumi. Akar ini diyakini sebagai tempat tinggal makhluk gaib dan memiliki kekuatan magis.

Fakta di balik cerita mistis yang berkembang

Meskipun mitos-mitos ini telah lama beredar, belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan kebenarannya. Banyak pendaki yang telah mencapai puncak Ciremai tanpa bertemu dengan harimau mata satu atau makhluk gaib lainnya.

Terlepas dari kebenaran mitos-mitos tersebut, Gunung Ciremai tetaplah tempat yang indah dan perlu dilestarikan. Kita harus menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak tanaman atau hewan di gunung.

BACA JUGA: Jadi Legenda Tanah Air, Begini 6 Mitos Gunung Sindoro Jawa Tengah

BACA JUGA: 5 Mitos Gunung Salak, Terdapat Kerajaan Gaib Pajajaran di Muncak Manik

Cerita misteri Gunung Ciremai merupakan bagian dari budaya dan tradisi masyarakat setempat. Meskipun kontroversial, mitos-mitos ini tetap menarik untuk disimak dan menjadi bagian dari cerita rakyat yang melegenda.

Bagi pendaki, mitos menyeramkan Gunung Ciremai ini dapat menjadi bumbu petualangan dan menambah keseruan pendakian. Selamat berlibur dan berakhir pekan.

Sumber: