Mitos Menyeramkan Gunung Ciremai, dari Harimau Mata Satu hingga Gamelan Gaib

Mitos Menyeramkan Gunung Ciremai, dari Harimau Mata Satu hingga Gamelan Gaib

MISTIS - banyak mitos menyeramkan di puncak Gunung Ciremai, yang masih berkembang dan dipercaya para pendaki dan masyarakat sekitar.--banhub jabar

radartegal.com - Gunung Ciremai di perbatasan tiga kabupaten, Kuningan, Cirebon, dan Majalengka, adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Di balik puncaknya yang megah, dipercayai menyimpan kisah-kisah mistis mitos menyeramkan Gunung Ciremai.

Tetapi cerita-cerita tentang mitos menyeramkan Gunung Ciremai ini, telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan budaya Nusantara. Dalam peradaban masyarakat Sunda, menghargai leluhur merupakan tindakan bijaksana yang harus dilakukan.

Nah, mitos menyeramkan Gunung Ciremai yang kerap terdengar dari mulut ke mulut, ternyata bukan sekadar cerita dongeng. Melainkan merupakan warisan spiritual yang masih dijunjung tinggi oleh masyarakat di sekitarnya.

Masyarakat sekitar meyakini bahwa gunung adalah tempat bertapanya para roh leluhur, yang memberikan aura keramat dan akan membawa keharmonisan hidup. Lalu apa saja mitos menyeramkan Gunung Ciremai yang kerap didengar?

BACA JUGA: 4 Mitos Gunung Gede Pangrango yang Masih Dipercaya Warga, Pendaki Jangan Gegabah

BACA JUGA: 6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

Beberapa mitos menyeramkan Gunung Ciremai

Gunung Ciremai yang memiliki puncak mencapai 3078 mdpl, sebagai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat, menyimpan pesona alam dan budaya yang mempesona. Gunung di tiga perbatasan kabupaten itu juga banyak menyimpan kisah-kisah mistis antara lain:

1. Pintu Gaib Keraton Kasepuhan Cirebon

Mitos ini berkaitan dengan Keraton Kasepuhan Cirebon. Konon, di Gunung Ciremai terdapat pintu gaib yang terhubung dengan keraton tersebut. Pintu ini dijaga oleh makhluk gaib dan hanya bisa dilalui oleh orang-orang tertentu.

2. Suara Gamelan Gaib di Malam Hari

 

Para pendaki Gunung Ciremai sering mendengar suara gamelan gaib yang menggema di malam hari. Konon, suara ini berasal dari kerajaan gaib yang terletak di puncak gunung.

3. Danau Siluman yang Terlarang Dikunjungi

Sumber: