Capai 55,2 Persen, Realisasi Pengecoran Jalan Ruas Margasari-Pagerbarang Kabupaten Tegal Lampaui Target

Capai 55,2 Persen, Realisasi Pengecoran Jalan Ruas Margasari-Pagerbarang Kabupaten Tegal Lampaui Target

PENGECORAN - Saat peninjauan, realisasi pengecoran jalan ruas Margasari-Pagerbarang Kabupaten Tegal sudah melampaui target.-Istimewa-Radartegal.disway.id

PAGERBARANG, radartegal.com – Realisasi pengecoran jalan ruas Margasari-Pagerbarang Kabupaten Tegal capai 55,2 persen.

Hal itu diungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwi Rahardjo saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 19 September 2024 siang.

Menurutnya, pekerjaan peningkatan kualitas jalan ruas Margasari-Jedung-Pagerbarang dengan perkerasan rigid beton pada segmen jalan sepanjang 405 meter di Desa Karangdawa progresnya kini mencapai 55,22 persen atau melebih target rencana yang 36,13 persen. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tegal Joko Kurnianto bersama Staf Ahli Bupati Tegal Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Nurhapid Junaedi sebelumnya sudah melakukan peninjauan di lokasi pekerjaan ini pada Selasa, 03 September 2024.

BACA JUGA: Rusak Parah, Kondisi Jalan Pagerbarang-Jatibarang Kabupaten Tegal Sangat Memprihatinkan

BACA JUGA: Progres Jalan Margasari-Jedug Kabupaten Tegal 34 Persen, Anggaran yang Disiapkan Rp1,6 Miliar

Meski tidak didesain untuk dilintasi moda kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) di atas 8 ton, namun tampak sejumlah kendaraan truk yang melintas MST-nya diperkirakan lebih dari 8 ton. 

Hal ini menurut Joko berisiko menimbulkan kerusakan struktur jalan di kemudian hari.

Menurutnya, klasifikasi ruas Jalan Margasari-Pagerbarang Kabupaten Tegal sebagai kolektor sekunder yang menghubungkan antaribukota kecamatan dan antarkabupaten menjadikan ruas jalan ini sebagai jalur alternatif terdekat supir truk yang akan melintas dari Brebes ke Banyumas.

Terlebih, saat ini sedang berlangsung pengalihan arus lalu-lintas Pejagan-Purwokerto akibat penutupan Jembatan Poncol di Brebes. 

BACA JUGA: Gunakan Anggaran DAK 2024 Rp6,7 Miliar, Perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Dimulai

BACA JUGA: Perbaikan Jalan di Brebes Ruas Tanjung-Kersana Ditarget Selesai Juli Ini

Kondisi tersebut semakin meningkatkan intensitas arus kendaraan berat yang melintas di ruas jalan kabupaten ini. 

Sumber: