Gunakan Anggaran DAK 2024 Rp6,7 Miliar, Perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Dimulai

Gunakan Anggaran DAK 2024 Rp6,7 Miliar, Perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Dimulai

WAWANCARA - Kabid Jalan dan Jembatan DPUPR Kabupaten Tegal Sudarso saat wawancara di ruang kerjanya.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

BUMIJAWA, radartegal.id– Menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 sebesar Rp6,7 miliar, perbaikan Jalan Tuwel-Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal sudah dimulai. Kegiatan itu sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu.

Sesuai kontrak, pekerjaan perbaikan Jalan Tuwel-Guci itu memakan waktu 150 hari dimulai pada 26 Maret 2024. Hal ini seperti diungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto didampingi Kabid Jalan dan Jembatan Sudarso.

“Jadi sebelum diaspal secara keseluruhan, jalan yang berlubang ditambal dulu,” kata Sudarso, Sabtu, 22 Juni 2024.

Dia menjelaskan, pekerjaan jalan itu dimulai dari pertigaan yang arah wisata Guci dan arah Pemalang hingga ke wisata Ashafana.

BACA JUGA: Agustus, Perbaikan Jalan Kecipir-Blangko Kabupaten Brebes Ditarget Selesai

BACA JUGA: Pastikan Selesai Tepat Waktu, Komisi III DPRD Sidak Perbaikan Jalan di Brebes, Ini Hasilnya

“Jalan ini bisa menjadi pintu keluar Guci saat kondisi macet. Jadi, jalan melalui areal wisata Ashafa, melintasi Desa Guci hingga ke pertigaan yang akan naik ke Guci,” ujarnya.

Menurutnya, meski sudah memasuki musim panas, tetapi di wilayah Guci sesekali turun hujan. Sehingga pihak penyedia jasa mengalami kesulitan.

"Semoga pekerjaan ini lekas selesai," ucapnya.

Terkait kegiatan perbaikan jalan, DPUPR membutuhkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk mengatasi lubang jalan. Tim ini pernah dibentuk pada tahun 2019-2020, namun dinonaktifkan. 

BACA JUGA: Perbaikan Jalan di Brebes Ruas Tanjung-Kersana Ditargetk Selesai Juli Ini

BACA JUGA: Sempat Terhenti Karena Lebaran, Perbaikan Jalan Balamoa-Pangkah Kabupaten Tegal Akhirnya Mulai Dilanjutkan

Pihaknya berharap TRC dihidupkan kembali untuk mendukung program Jalan Bebas Lubang.

“Tapi memang butuh dukungan anggaran. Bahkan, kami berharap ada mobil khusus yang berisikan kompor dan wajan besar untuk menggoreng aspal. Jadi, aspal masih panas dan lebih awet,” terangnya.

Sumber: