Pentas di TMII Jakarta, Begal Jamaludin yang Dibawakan Wong Tegal Sukses Pukau Pengunjung

Pentas di TMII Jakarta, Begal Jamaludin yang Dibawakan Wong Tegal Sukses Pukau Pengunjung

BEGAL JAMALUDIN- Pentas di Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta, Minggu, 15 September 2024) siang, lakon Begal Jamaludin yang dibawakan wong Tegal sukses pukau pengunjung. -Istimewa-Radartegal.disway.id

Radartegal.com – Pentas di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu, 15 September 2024) siang, lakon Begal Jamaludin yang dibawakan wong Tegal sukses pukauw pengunjung. 

Pentas seni hiburan drama kolosal yang dikombinasi dengan sendratari dan wayang golek Tegalan itu sukses memukau ratusan pengunjung yang hadir.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Tegal Bahari Ayu (IKBT-BA) Jabodetabek Tafakurrozak saat menyampaikan sambutannya mengatakan solidaritas warga Tegal di perantauan cukup kuat. 

Tafakurrozak mendukung pengembangan potensi seni budaya Kabupaten Tegal yang menurutnya punya keunikan dan ciri khas tersendiri agar mampu berkompetisi di sektor industri dan ekonomi kreatif.

BACA JUGA: Keren Banget! Kisah Warteg Franchise Dipentaskan di TMII Jakarta

BACA JUGA: Akan Diserahkan ke Negara, Aset TMII Ditaksir Senilai Rp20,5 Triliun

“Keberadaan potensi seni budaya di Kabupaten Tegal perlu kita tingkatkan agar bisa (bersaing) sampai ke tingkat nasional dan internasional,” ucapnya. 

Menurutnya, pementasan drama kolosal Begal Jamaludin ini diprakarsai oleh dalang Ki Sri Waluyo yang didukung para penari muda bertalenta dari Kabupaten Tegal.

Selain disaksikan warga Tegal yang tinggal atau bermukim di wilayah Jabodetabek, juga tampak sejumlah pengunjung warga negara asing Korea Selatan dan Australia.

Pementasan drama yang dimainkan komunitas seniman yang tergabung di Dewan Kebudayaan Kabupaten Tegal dan Yayasan Rumah Seni Tegal ini mengangkat lakon berjudul Begal Jamaludin, sebuah cerita lokal yang mengisahkan pengalaman sejarah pelarian anak seorang lurah dari Cirebon bernama Lokajaya atau dikenal sebagai Jamaludin saat berada di tlatah Tegal.

BACA JUGA: Mengenal Festival Wayang Wong Tegal, Dialek Tegalannya Bikin Ora Ngapak Ora Kepenak

BACA JUGA: 7 Tradisi Wong Tegal yang Jarang Diketahui Orang banyak, Salah Satunya Adalah Mantu Poci

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud yang hadir mengatakan kegiatan pementasan di TMII selain sebagai ajang promosi budaya dan produk unggulan berikut potensi Kabupaten Tegal kepada masyarakat umum juga sekaligus wadah bertemunya warga perantauan Kabupaten Tegal di Jabodetabek.

Sumber: