Suksesi Pilkada 2024 di Tegal, Warga Diajari Menjadi Pemilih yang Cerdas

Suksesi Pilkada 2024 di Tegal, Warga Diajari Menjadi Pemilih yang Cerdas

Pendidikan Politik bagi masyarakat jelang Pilkada 2024 di Tegal--

TEGAL, radartegal.com - Salah satu indikator suksesnya Pemilu 2024 adalah tingkat partisipasi pemilih. Karenanya, demi suksesnya Pilkada 2024 di Tegal, masyarakat diajak untuk menggunakan hak pilih dengan cerdas.

Itu disampaikan Sekretaris Bakesbangpol Kota Tegal Santosa saat membuka kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat. Kegiatan digelar di Pendopo Kecamatan Tegal Selatan, Kamis 12 September 2024 siang.

Menurut Santosa, setelah pelaksanaan Pemilu pada Februari lalu, agenda selanjutnya adalah Pilkada Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Ada 3 hal suksesnya Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, penyelenggaraan yang demokratis jujur adil dan bermartabat serta terpilihnya pemimpin sesuai dengan keinginan masyarakat. 

"Suksesnya Pemilu tidak hanya merupakan tanggungjawab penyelenggara saja. Tetapi juga seluruh unsur termasuk masyarakat," katanya.

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Lakukan Sosialisasi Pendidikan Politik ke Warga

BACA JUGA: Pelajar Diajak Jadi Pemilih Pemula yang Cerdas di Pilkada Serentak 2024 Kota Tegal

Selanjutnya, kata Santosa, pihaknya mengajak semua pihak untuk berkomitmen untuk menjaga kondusifitas selama tahapan Pilkada 2024. Dengan begitu, diharapkan kegiatan pendidikan politik dapat bermanfaat demi suksesnya Pilkada 2024 mendatang.

"Kita harapkan masyarakat juga dapat menggunakan hak pilihnya dengan cerdas. Yakni, memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani," tandasnya.

Camat Tegal Selatan MB Budi Santosa dalam sambutannya berharap alam pelaksanaan Pilkada nanti tidak ada persoalan apapun. Tidak ada lagi yang namanya PSU, karena pada Pemilu 2024 lalu sudah ada dan cukup menguras tenaga.

"Bahkan, kemarin kita dari ASN Tegal Selatan sudah menyatakan ikrar netralitas. Kita berharap Tegal Selatan menjadi contoh bagi Kecamatan lainnya," ujarnya.

BACA JUGA: Kaum Marjinal di Lereng Gunung Slamet Didatangi Bawaslu, Singgung Intimidasi dan Politik Uang

BACA JUGA: Tak Mau Terjebak dalam Politik Praktis, GMNI Kota Tegal Pindah Haluan ke Barisan Arjuna-Dendy

Karenanya, ujar Budi, pihaknya mengajak komponen masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah. Masyarakat juga diminta untuk menahan diri tidak melakukan tindakan yang dapat memicu perselisihan.

Panitia penyelenggara Rahmat Sasono dalam laporannya mengatakan ada beberapa tujuan kegiatan politik bagi masyarakat tersebut. Di antaranya, meningkatkan kesadaran dan pemahaman politik masyarakat serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024 mendatang. 

Sumber: