Beras Berulat Ditemukan di Pemalang, Bulog Tegal Terpaksa Tarik dan Ganti 1.259 Kantong

Beras Berulat Ditemukan di Pemalang, Bulog Tegal Terpaksa Tarik dan Ganti 1.259 Kantong

MENGAWASI - Pimpinan Kancab Bulog Tegal Anna Marianofa bersama Kepala Dispertan Kabupaten Pemalang Prayitno mengawasi penggantian beras berulat di Pemalang. -Agus Pratikno-Radartegal.disway.id

PEMALANG, radartegal.id - Beras berulat ditemukan di Pemalang. Sebanyak 1.259 kantong dengan berat 10 kilogram yang sudah didropping terpaksa ditarik dan diganti dengan beras yang lebih baik.

Perum Bulog Kantor Cabang (Kancab) Tegal kemudian menggantikannya dengan beras yang kualitasnya bagus. Bulog bergerak cepat mengganti semua beras program bantuan yang telah didroping ke desa atau kelurahan. 

Penarikan beras berulat di Pemalang itu dilakukan di Kelurahan Sugihwaras Kabupaten Pemalang. Terkait hal ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang Prayitno meyakini bahwa kejadian adanya beras yang terkena ulat bukan ada unsur kesengajaan.

Menurutnya, Bulog tidak mungkin akan bermain-main dalam melakukan tugas pengiriman beras bantuan ini. Sebab dropping beras yang harus ditarik kembali tentunya akan membutuhkan ongkos atau biaya yang besar. 

BACA JUGA: Stok Beras Bulog Tegal Capai 34 Ribu Ton. Ketahanan Pangan Aman Hingga 5 Bulan ke Depan

BACA JUGA: Pj Bupati Tinjau Gudang Bulog di Cimohong Brebes, Ini Hasilnya

Sehingga tidak mungkin itu dilakukan dengan kesengajaan. Bahkan Bulog pun akan berpikir seribu kali. 

Dijelaskannya, kondisi beras yang terkena ulat, dimungkinkan ketika beras akan didropping, ulat-ulat itu sudah masuk, sehingga saat diangkut ulat-ulat itu banyak keluar dari beras yang ada di kantong. 

Lurah Sugihwaras Istimuryani sangat mengapresiasi gerak cepat  dari Bulog. Menurutnya, saat Kasi Ekbang menerima beras dan diberitahukan kondisi beras yang ada terkena ulat, maka langsung untuk segera menghubungi Bulog. 

Harapannya beras yang sudah didropping untuk segera ditarik lagi. 

"Begitu Bulog mendapatkan laporan dari kami, saat itu juga melakukan gerak cepat menarik semua beras yang sudah didroping. Penarikan kembali beras yang sudah didroping, tentunya dengan berita acara pengembalian beras,"tandasnya belum lama ini. 

BACA JUGA: Salurkan 7.373 Ton Beras Bantuan Pangan, Bulog Pastikan Tepat Sasaran dan Layak Konsumsi

BACA JUGA: Harga Beras di Tegal Naik Capai Rp16.000 per Kilogram, Bulog Lakukan Upaya Ini

Pimpinan Bulog Kancab Tegal Anna Marianofa mengatakan, hari ini pihaknya telah melakukan penggantian beras yang kondisinya bagus di semua titik droping setelah dilakukan penarikan kembali beras yang sebelumnya. Penggantian beras secara simultan dilakukan sesuai dengan alokasi di masing-masing desa atau kelurahan. 

Sumber: