Tumbuh 4,93 Persen, Perekonomian di Kabupaten Tegal Mulai Membaik

Tumbuh 4,93 Persen, Perekonomian di Kabupaten Tegal Mulai Membaik

PEREKONOMIAN- Plt Staf Ahli Bupati Tegal Abdul Basit menyinggung soal perekonomian Kabupaten Tegal saat menghadiri Dies Natalis ke-7 STIES Putra Bangsa Tegal, di Kompleks Yaumi Center, Minggu, 11 Agustus 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id - Tumbuh 4,93 persen pada tahun 2023, perekonomian di Kabupaten Tegal mulai membaik. Hal ini diungkapkan Plt Staf Ahli Bupati Tegal Abdul Basit, saat menghadiri acara Dies Natalis ke-7 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) Putra Bangsa Tegal, di Kompleks Yaumi Center, Minggu, 11 Agustus 2024.

"Angka ini menunjukkan adanya kenaikan standar hidup di Kabupaten Tegal," kata Basit yang hadir mewakili Pj Bupati Tegal Agustyarsyah.

Basit meyakini bahwa pertumbuhan ekonomi yang positif ini akan terus berlanjut. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal akan terus naik.

“Kami sangat optimis perekonomian Kabupaten Tegal akan terus berkembang dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Ini adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama antara pemerintah, perguruan tinggi, serta sektor swasta,” ujar Basit. 

BACA JUGA: Tingkatkan Perekonomian di Brebes, Pemkab Susun RDTR Perkotaan

BACA JUGA: 14 Pabrikan Otomotif Ramaikan GIIAS Semarang 2023, Sekda Jateng: Akan Dongkrak Perekonomian

Lebih lanjut dikatakannya, sektor industri pengolahan menjadi pilar utama dengan kontribusi dominan sebesar 36,30 persen dengan laju pertumbuhan sebesar 5,10 persen.

Abdul Basit mengatakan, jika mendasari data BPS Kabupaten Tegal yang dirilis pada 22 Juli 2024, angka kemiskinan di Kabupaten Tegal mengalami penurunan yang signifikan.

Pada Maret 2024, angka kemiskinan tercatat sebesar 6,81 persen, turun dari 7,30 persen pada tahun 2023. Ini menandai penurunan sebesar 0,49 persen poin dan menempatkan Kabupaten Tegal di urutan keenam kemiskinan terendah di Provinsi Jawa Tengah, meningkat dari posisi kedelapan sebelumnya.

Sementara itu, jumlah penduduk miskin juga turun dari sekitar 105,03 ribu orang pada tahun 2023 menjadi 98,02 ribu orang pada Maret 2024. 

BACA JUGA: Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI, DPRD Kabupaten Tegal Gelar Rapat Paripurna Istimewa

BACA JUGA: 3 Desa di Kabupaten Tegal Krisis Air Bersih, Kekeringan Akibat Kemarau Mulai Terjadi

"Garis kemiskinan Kabupaten Tegal pada tahun 2024 tercatat sebesar Rp 497.315 per kapita per bulan, meningkat 5,65 persen dibandingkan tahun 2023," pungkasnya.

Sumber: