Kandang di Bulakamba Brebes Kebakaran, 30 Ribu Ekor Anak Ayam Mati Terpanggang

Kandang di Bulakamba Brebes Kebakaran, 30 Ribu Ekor Anak Ayam Mati Terpanggang

Sebuah kandant ayam di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Rabu 7 Agustus 2024 dini hari terbakar hebat.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Sebuah kandang ayam di Desa Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Rabu 7 Agustus 2024 dini hari kebakaran. Akibatnya, kurang lebih ada 30 ribu anak ayam yang ada dalam kandang mati terpanggang.

Sejumlah mobil Damkar milik Pemkab Brebes dan Water Canon milik Polres Brebes, dikerahkan untuk diterjunkan ke lokasi kejadian kebakaran guna memadamkan api yang terus membesar.

 

Kapolsek Bulakamba AKP Ibnu Setyadi mengatakan, kandang di Bulakamba Brebes yang kebakaran milik Edi Giyantoro, warga Desa Krakahan Kecamatan Tanjung. Kebakaran itu diketahui saat anggota sedang melakukan patroli.

 

"Saat kami sedang patroli, tiba-tiba anggota kami melihat api sudah membakar sebagian kandang ternak ayam," ungkapnya.

 

BACA JUGA: Bikin Pekerja Kalang Kabut, Tangki BBM Eks Pabrik Tekstil di Tegal Kebakaran

 

BACA JUGA: Bukan 12, Ternyata Ada 15 Kios yang Terbakar dalam Kebakaran Pasar Alun-alun Tegal

 

Petugas Polsek Bulakamba akhirnya menginformasikan dan meminta bantuan ke petugas pemadam kebakaran untuk proses pemadaman. Serta meminta bantuan ke Polres Brebes guna menerjunkan Water Canon ke lokasi kejadian. Kobaran api akhirnya berhasil dipadamkan menjelang waktu Subuh.

 

 

"Penyebab kebakaran masih kami selidiki. Namun, akibat kebakaran 30 ribu ekor anak ayam mati hangus terbakar," pungkasnya.

 

Kebakaran di ruas Tol Pejagan Pemalang

 

Kasus kandang di Bulakamba Brebes kebakaran bukan musibah kebakaran pertama yang terjadi di bulan ini. Sebelumnya, insiden serupa juga terjadi di lahan yang berada di ruas Tol Pejagan-Pemalang, Senin 5 Agustus 2024.

 

Kejadian tersebut terjadi di Kilometer (KM) 267 atau tepatnya di Kecamatan Brebes. Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Brebes Sujadi mengatakan, lokasi kebakaran lahan yang terjadi, tidak jauh dari Tol Gate Brebes Timur (Brexit). Kejadian terjadi saat siang hari.

 

BACA JUGA: Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Loak di Tegal, Polisi Temukan Titik Awal Api

 

BACA JUGA: Pasca Kebakaran Pasar Alun-alun Kota Tegal, Pj Walkot Dadang Minta Instalasi Kelistrikan Diperhatikan

 

"Kami dari tim Damkar Brebes yang mendapatkan laporan adanya kebakaran alang-alang di dekat jalan tol, langsung menerjunkan petugas ke lokasi kejadian," ungkapnya kepada awak media.

 

Dalam pemadaman kebakaran lahan tersebut, pihaknya menerjunkan satu unit monil pemadam kebakaran (Damkar). Pihaknya juga melakukan pendinginan agar tidak ada sisa asap yang mengepul di lahan alang-alang yang kering dan rawan terbakar.

 

Demikian informasi terkait musibah kebakaran yang terjadi di Brebes. Semoga insiden ini bisa menjadi pelajaran dan membuat kita lebih hati-hati.

Sumber: