Tips #Cari_aman, Kenali Karakter Motor yang Cocok untuk Perkotaan

Tips #Cari_aman, Kenali Karakter Motor yang Cocok untuk Perkotaan

AKSELERASI - Karakter motor yang cocok di lalu lintas perkotaan, harus memiliki desain yang nyaman untuk digunakan sehari-hari di jalanan yang padat dan ramai.--

SEMARANG, radartegal.id – Motor yang bisa berakselerasi dengan cepat memberikan sensasi adrenalin, menegangkan, dan menyenangkan bagi sebagian orang. Tetapi mengenali karakter motor yang cocok tidak kalah penting, termasuk yang pas untuk lalu lintas di perkotaan. 

Bagi beberapa individu, sensasi adrenalin menjadi cara untuk mengatasi rasa bosan atau monoton dalam kehidupan sehari-hari. Perasaan terdorong ke belakang saat motor melaju akselerasi adalah pengalaman yang sulit dilupakan, dan bagi sebagian orang adalah candu merasakan hal tersebut.

Akselerasi cepat membuat mesin bekerja lebih keras, menghasilkan panas yang lebih tinggi, dan tentu lebih membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan. Motor dengan akselerasi cepat dan kecepatan tinggi cocok digunakan untuk sirkuit balap, drag race atau track day.

BACA JUGA: Astra Motor Jateng Gelar Seminar Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi Cari Aman

Karakter motor yang kurang cocok untuk perkotaan 

Meskipun akselerasi cepat terdengar menarik, namun dalam konteks perkotaan terdapat beberapa alasan mengapa motor dengan spesifikasi seperti ini kurang cocok digunakan.

1. Kondisi Jalan

Kondisi Jalan dinamis area perkotaan, kemacetan adalah hal yang umum. Akselerasi cepat justru akan membuat pengendara sering melakukan pengereman yang mendadak atau lebih kuat karena gaya inersia motor spesifikasi seperti ini lebih kuat.

Apalagi cara motor berakselerasi memiliki lonjakan tenaga di rpm tertentu justru akan merepotkan pengendaranya karena akan selalu mengkoreksi pengendalian agar motor tidak terlalu liar didalam ruang yang terbatas. Hal ini memungkinkan  meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA: Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Beberkan Tips Cari Aman Gunakan Jaket saat Kemarau

2. Banyak Belokan dan Persimpangan

Belokan Tajam di wilayah perkotaan dan persimpangan. Akselerasi yang galak membuat pengendara kesulitan mengendalikan motor saat berbelok, harus banyak dikontrol agar stabil saat belok dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

3. Reaksi Pengendara yang Lamban

Akselerasi cepat membutuhkan respons yang cepat pula dari pengendara. Jika pengendara tidak cukup berpengalaman atau lengah, reaksi yang terlambat bahkan lamban dapat berakibat fatal.

Sumber: