Astra Motor Jateng Gelar Seminar Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi Cari Aman

Astra Motor Jateng Gelar Seminar Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi Cari Aman

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah Oke Desiyanto menyampaikan pemaparan Instrukur Safety Riding pada acara Seminar “Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman” bertempat di Event Space Hotel Kotta Kota Lama pada Minggu, 21 April --

RADAR TEGAL Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Astra Motor Jateng mengadakan Seminar dengan Tema “Kartini Muda Bangga Menjadi Generasi #Cari_Aman” bertempat di Event Space Hotel Kotta Kota Lama pada Minggu, 21 April 2024.

Acara dihadiri 70 orang yang berasal dari Komunitas Wanita Grab, Komunitas Bikers Street, Komunitas Fotografi, Komunitas Vespa dan masyarakat Umum.

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah Oke Desiyanto pada paparannya menyampaikan kesimpulan dari AHM Accident Study 2024 dimana kecerobohan pengendara saat berbelok dan lalu lintas dari depan mendominasi terjadinya kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

Pada seminar ini, Oke juga menyampaikan tips teknik bermotor dan tindakan yang sebaiknya dilakukan pengendara saat akan berbelok dan menghadapi lalu lintas dari depan.

BACA JUGA: Tips Cari Aman Gunakan Lampu Jauh Saat Berkendara Ala Tim Safety Riding Astra Motor Jateng

“Lebih mengutamakan keselamatan seperti menggunakan perlengkapan berkendara, mengalah bila ada pengendara yang menerobos lampu perlintasan dan juga matikan lampu sein setelah selesai agar pengguna jalan lain tidak bingung atau salah informasi, tetap Cari Aman,” tegas Oke.

Pembicara lain dari Fashion Desainer sekaligus owner dari Brand Lumos (Fashion) Wahyu Trianingrum mengungkapkan banyaknya peranan seorang perempuan dalam keseharian tetapi harus tetap bahagia dan bersyukur.

“Banyak peran yang harus dilakoni oleh seorang perempuan, menjadi istri, ibu, pendidik, teman, pencari nafkah, harus tetap bahagia dan bersyukur dengan mengekspresikan diri dengan menerapkan warna untuk dikenakan sehari – hari dan Honda menyajikan warna – warna yang ceria dan anggun, karena warna dapat meningkatkan mood serta berimbas ke psikologis,” terangnya.

BACA JUGA: Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Beri Tips Cari Aman Berkendara Bagi Pelajar usai Liburan

Menurut Wahyu, dengan mood yang bagus berujung pada psikologis yang sehat maka diharapkan para perempuan pengguna aktif sepeda motor dan jalan raya tentunya bisa lebih konsentrasi dan memiliki prediksi bahaya yang cukup baik agar terhindar atau jauh dari titik celaka.

Sementara itu, Kasi dikmas, Subdit kamsel Direktorat lalu lintas polda Jawa tengah, Kompol Agus Darmayuda S.Sos MA memaparkan Data Kecelakaan Regional 2023 (jumlah kejadian laka, persentase gender wanita yang terlibat dan umur korban) dan Peraturan Lalu Lintas.

Agus memberikan contoh – contoh nyata pelanggaran dan perilaku berkendara dijalan raya yang salah atau beresiko kecelakaan. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menekan angka kecelakaan adalah telah terpasangnya kamera pengawas dan ETLE dibeberapa titik di Jawa Tengah. Kegiatan ini sekaligus membuktikan bahwa seluruh pihak telah saling bersinergi untuk menciptakan Lalu Lintas yang lebih sehat untuk semua gender. Selamat hari Kartini untuk para perempuan hebat Indonesia. (*)

Sumber: