Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Beberkan Tips Cari Aman Gunakan Jaket saat Kemarau

Tim Safety Riding Astra Motor Jateng Beberkan Tips Cari Aman Gunakan Jaket saat Kemarau

Tim safety riding Astra Motor Jateng memberikan tips cari aman menggunakan jaket saati musim panas.--

RADAR TEGAL – Tim safety riding Astra Motor Jateng terus berkomitmen mengedukasi masyarakat pengguna sepeda motor akan pentingnya berkendara dengan benar dan aman. Salah satu tips yang tim sampaikan adalah bagaimana menghadapi panasnya musim kemarau yang menurut predikasi puncaknya terjadi pada bulan Juli hingga September 2024 mendatang.

Bagi para bikers yang mobilitas tentu memiliki tantangan menghadapi terik sinar matahari dan suhu panas yang bakal terjadi. Tubuh akan mengeluarkan cairan berupa keringat berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh sehingga tubuh akan kehilangan cairan.

Dampak kehilangan cairan ini bagi tubuh akan dirasakan bertingkat. Diawali dari dehidrasi ringan termasuk rasa haus yang berlebihan, mulut kering, pusing, dan kelelahan.

Dehidrasi yang lebih parah dapat menyebabkan kram otot, kebingungan, dan bahkan dapat mengakibatkan penderitanya pingsan. Beberapa catatan medis menyebutkan bahwa kehilangan elektrolit yang berlebihan dapat mengganggu fungsi saraf dan otot.

BACA JUGA: Garansinya Sampai 5 Tahun, Ini Review Spesifikasi Honda Beat Deluxe 2024, Performanya Tak Perlu Diragukan

Hal tersebut sangat berpotensi terjadi saat cuaca terik matahari yang menyengat apalagi diperparah dengan penggunaan jaket yang salah. Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng Oke Desiyanto menyarankan agar para bikers menghindari penggunaan pakaian yang berlapis.

“Gunakan kaos berbahan tipis yang menyerap keringat sebelum mengenakan  jaket, minumlah air putih yang banyak untuk rehidrasi dan menurunkan suhu tubuh,” jelasnya.

Oke menambahkan, mengkonsumsi minuman bersoda atau berkafein dapat memperparah dehidrasi, maka konsumsilah minuman ringan yang mengandung elektrolit.

Tips memilih jaket ala Tim Safety Riding Astra Motor Jateng 

1. Pilihlah jaket yang bagian dalam dengan bahan mesh atau katun.

Bahan mesh adalah kain tenun ringan yang memiliki tampilan seperti jaring. Kain ini terbuat dari serat katun atau serat sintetis yang dirajut atau dianyam atau berbahan Kain katun.

BACA JUGA: Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 150 2024, Cek Sebelum Membeli

Kain katun juga merupakan pilihan yang baik untuk musim panas karena bahan ini ringan dan mudah menyerap keringat.

2. Memiliki fitur ventilasi, warna, ukuran dan protektor.

Ventilasi ini akan membantu menjaga tubuh Anda tetap sejuk dan nyaman saat berkendara karena ada udara yang bersirkulasi. Menggunakan jaket dengan warna yang cerah membantu biker lebih mudah terlihat oleh pengendara lain.

Jaket yang terlalu longgar akan berkibar saat berkendara, sedangkan jaket yang terlalu ketat akan membuat biker merasa tidak nyaman. Protektor di bagian siku, bahu, dan punggung untuk melindungi tubuh Anda dari benturan saat terjadi kecelakaan atau terjatuh.

Hindari menggunakan jaket terbuka saat berkendara karena gesekan angin panas di kulit yang terpapar dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan rasa perih. Angin kencang berpotensi mengiritasi saluran pernapasan dan memperparah kondisi seperti asma dan bronkitis serta tidak aman tentunya. (*)

Sumber: