45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, 25 di Antaranya di Makkah

45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di RS Arab Saudi, 25 di Antaranya di Makkah

RAPAT- Dalam rapat di Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah, terungkap masih banyak jemaah haji Indonesia yang belum pulang karena dirawat di rumah sakit.-Istimewa-Kemenag.go.id

JEDDAH, radartegal.id- Meski operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M telah berakhir, tetapi 45 jemaah haji Indonesia ternyata masih dirawat di RS Arab Saudi. Jumlah tersebut, 25 di antaranya diketahui dirawat di Kota Makkah.

Hal ini seperti laporan Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga Ketua PPIH Arab Saudi Nasrullah Jasam, Rabu, 24 Juli 2024, usai menggelar rapat di Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah.

“Sampai hari ini, tercatat ada 45 jemaah yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi. Sebanyak 1 jemaah di rawat di Jeddah, 25 jemaah di Makkah, dan 19 jemaah dirawat pada beberapa rumah sakit di Madinah,” terang Nasrullah seperti dikutip dari web Kemenag RI, Kamis, 25 Juli 2024.

Menurutnya, seiring dengan kepulangan kloter terakhir jemaah haji Indonesia pada 22 Juli 2024 di sejumlah debarkasi asrama haji, operasi penyelenggaraan haji sebenarnya sudah selesai. Namun, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mencatat masih ada 45 jemaah haji Indonesia yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit Arab Saudi, baik di Makkah, Madinah, maupun Jeddah. 

BACA JUGA: Pasangan yang Dinikahkan di Tegal Meningkat Selama Bulan Haji, Jomblo Apa Kabar?

BACA JUGA: 394 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Tanah Suci, 18 di Antaranya dari Program Khusus

Untuk memastikan kondisi jemaah haji Indonesia tersebut, PPIH Arab Saudi telah menyiapkan tim yang secara berkala akan memantau dan meng-update kondisi jemaah.

“Jemaah-jemaah ini akan dipantau dan secara berkala divisitasi oleh Tim Kantor Haji Haji (KUH) pada KJRI Jeddah, baik jemaah yang yang dirawat di Madinah, Makkah, maupun Jeddah,” sambungnya.

Dijelaskan Nasrullah, pihaknya telah menetapkan petugas yang akan memantau perkembangan kondisi jemaah haji Indonesia yang masih dirawat di Arab Saudi. 

“Kita sudah menetapkan PIC maaing-maing wilayah. Jika ada keluarga yang ingin mengetahui keadaan jemaah yang masih dirawat di RS, bisa menghubungi para PIC,” jelasnya.

BACA JUGA: 291 Jamaah Haji Asal Tegal Kembali ke Kampung Halaman, Pj Walikota: Semoga Menjadi Haji Mabrur

BACA JUGA: 4 Jemaah Haji Brebes Meninggal di Tanah Suci Makkah Akibat Suhu Ekstrem yang Terlalu Panas

Berikut daftar nama PIC update perkembangan kondisi jemaah haji dirawat di Arab Saudi:

Sumber: