Aksi Tawuran Remaja di Tegal Memakan Korban, Disdik: Kami Sudah Memberikan Warning Sebelumnya

Aksi Tawuran Remaja di Tegal Memakan Korban, Disdik: Kami Sudah Memberikan Warning Sebelumnya

Warga bersiap melakukan sholat Jenazah untuk korban tawuran remaja di Tegal, Selasa 16 Juli 2024 (Foto: Istimewa)--

TEGAL, radartegal.id - Aksi tawuran remaja di Tegal yang terjadi pada Selasa 16 Juli 2024 kemarin menarik keprihatinan sejumlah pihak. Tidak terkecuali Dinas Pendidikan Kota Tegal yang menyebut telah memberikan warning sebelumnya kepada pihak sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Ismail Fahmi pada satu kesempatan mengatakan jauh sebelum itu terjadi, pihaknya sudah memberikan warning kepada seluruh sekolah. Warning itu dituangkan melalui surat edaran agar sekolah membatasi dan memantau anak-anak selama di sekolah.

"Kemudian, jika pulang, sekolah kami minta untuk memastikan agar mereka langsung pulang ke rumah. Tidak mampir ke mana-mana," katanya.

Fahmi mengatakan memperhatikan situasi sekarang ini menjadi keprihatinan bersama. Karena kejadian belakangan terjadi di luar jam-jam normal. 

BACA JUGA: Dua Kelompok Remaja Terlibat Tawuran di Tegal, Seorang Meninggal Satu Lainnya Luka Parah

BACA JUGA: Korban Tewas dalam Aksi Tawuran Remaja di Tegal Baru Lulus SMP, Minggu Depan Mau Ikut MPLS di SMK

"Mungkin mereka memanfaatkan media online untuk janjian, mereka meniru daerah-daerah lain. Sehingga, budaya tawuran ada di Kota Tegal," ujar Fahmi.

Atas kejadian itu, kata Fahmi, pihaknya sudah memberikan respon, dengan memberikan imbauan kepada masyarakat dan orang tua memantau anak selama di rumah. Selanjutnya, pada masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) akan dimanfaatkan untuk melakukan pendekatan kepada anak.

"Agar para siswa dapat menggunakan waktu untuk hal-hal positif. Kami juga melibatkan peran guru untuk memberikan imbauan kepada masyarakat dan orang tua agar memantau kondisi anak selama di rumah," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi tawuran remaja terjadi di Jalan Werkudoro Kota Tegal pada Selasa 16 Juli 2024 sekira pukul 03.00 WIB. Akibat kejadian itu, seorang remaja harus meregang nyawa dengan luka tusuk pada bagian dada kanan.

BACA JUGA: Pastikan Penyebab Kematian, Polisi Otopsi Jenazah Korban Aksi Tawuran Remaja di Tegal

BACA JUGA: Usai Otopsi, Jenazah Korban Aksi Tawuran Remaja di Tegal Dimakamkan Malam Hari

Belakangan diketahui, korban tewas merupakan pelajar SMP yang baru saja lulus dan hendak mengikuti MPLS di sekolah barunya. Selain itu, kejadian tawuran remaja di Tegal itu juga melukai satu orang lainnya.

 

Sumber: